Anda belum login :: 25 Mar 2025 16:14 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Analisis Penggantian Motor DC dengan Motor AC pada Sistem Kereta Gantung di Taman Mini Indonesia Indah
Oleh:
VERBY
;
Ursam, Petrus Tahir
;
Kartadinata, V. Budi
Jenis:
Article from Proceeding
Dalam koleksi:
Prosiding Seminar Nasional Riset & Teknologi Terapan (Ritektra) "Peran Riset & Teknologi Terapan dalam Pengembangan Industri", Jakarta 7-8 Juli 2011 : Fakultas Teknik Elektro
,
page 90-101.
Topik:
Inverter
;
Ac Motor
;
Dc Motor
;
Rectifier
;
Cable Car
Fulltext:
TE-024 Full Verby Tahir Budi 90-101.pdf
(398.05KB)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (BSD)
Nomor Panggil:
607.2598 PRO
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 1)
Tandon:
tidak ada
Reserve
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Penggunaan sistem transportasi saat ini berkembang dengan sangat pesat. Tidak hanya itu, sistem transportasi juga banyak digunakan untuk sarana rekreasi. Salah satunya adalah kereta gantung, yang beroperasi di Taman Mini Indonesia Indah. Pada saat pertama kali dioperasikan tahun 1988, motor penggerak yang digunakan pada sistem ini adalah motor DC eksitasi bebas dengan rectifier dan komponen elektronika daya berupa thyristor. Driver motor ini digunakan sebagai pengatur kecepatan motor DC. Pada tahun 2010 motor DC digantikan dengan motor AC rotor sangkar dengan dual konverter sebagai driver. Kereta gantung memiliki karakteristik beban yang berubah seiring dengan banyaknya penumpang. Semakin besar beban maka arus yang diserap juga semakin besar, sehingga konsumsi daya menjadi meningkat. Dengan beban yang sama tetapi menggunakan 2 komponen sistem yang berbeda, maka daya yang diserap juga akan berbeda. Pada makalah ini akan dianalisis sistem mana yang lebih efisien dalam hal penyerapan daya, dan untuk sistem dengan motor AC dianalisis juga di putaran mana motor harus bekerja sehingga sistem bekerja efektif.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.015625 second(s)