Anda belum login :: 29 May 2024 13:11 WIB
Detail
ArtikelPenerapan Metode Taguchi untuk Meningkatkan Kualitas Pakan Ternak pada PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk Unit Makassar  
Oleh: Rapi, Amrin ; Samsuddin, Hery ; Fahraeni, Uyun Fanny
Jenis: Article from Proceeding
Dalam koleksi: Prosiding Seminar Nasional Riset & Teknologi Terapan (Ritektra) "Teknologi Terapan dalam Upaya Meningkatkan Produktivitas dan Daya Saing Industri Nasional", Jakarta 16 - 17 Juni 2010 : Fakultas Teknik Industri, page 253-260.
Topik: Mutu Pakan Ternak; Design of Experiment; Taguchi Method
Fulltext: TI-29(~1.PDF (207.48KB)
Isi artikelPenelitian ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas pakan ternak khususnya yang berbentuk pellet pada PT.Japfa Comfeed Tbk, unit Makassar. Temperatur mash pada mesin press merupakan salah satu yang mempengaruhi kualitas pelle,, dimana terdapat batas standar yang harus dipenuhi untuk mencapai kualitas terbaik yaitu 80-85oC. Untuk memperbaiki tingkat kualitas pellet dengan memfokuskan pada pencapaian standar temperatur mash di conditioner, digunakan metode Taguchi dalam perancangan eksperimen. Kelebihan metode ini ialah mampu meminimalkan akibat dari variasi terhadap respon serta eksperimen dapat dilakukan dengan efisien. Langkah yang dilaksanakan ialah memilih faktor-faktor kendali dan noise sekaligus penentuan level-levelnya dan selanjutnya membuat matriks ortogonal untuk eksperimen. Analisa data dilakukan berdasar pengoptimalan Signal to Noise Ratio (SNR), dan anova. Faktor-faktor yang dapat dikendalikan yaitu, feeder speed dengan kontribusi sebesar 19,37% , steam presure dengan kontribusi sebesar 62,64%, dan pooled error dengan kontribusi sebesar 18,24%. Sedangkan faktor noise yaitu, Resep dan partikel size mash. Berdasarkan hasil perhitungan SN/R dan hasil uji verifikasi dengan membandingkan antara hasil prediksi dan hasil eksperimen rancangan usulan maka diperoleh settingan level optimal adalah A2,B1,C2.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)