Anda belum login :: 27 Mar 2025 01:08 WIB
Detail
ArtikelAn Analysis of Market Integration for Selected Vegetables in Indonesia  
Oleh: Munir, Achmad
Jenis: Article from Bulletin/Magazine
Dalam koleksi: Bisnis dan ekonomi politik vol. 1 no. 2 (1997), page 45-54.
Topik: MARKET INTEGRATION; analysis; market integration; vegetables
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: BB52.1
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelArtikel ini menguji tentang konsep integrasi pasar bagi komoditas sayuran di indonesia. Spesifikasi model ini dikembangkan oleh ravallion (1986). Ada 4 (empat) komoditas jenis sayur yang dipilih untuk uji coba test integrasi pasar. Berdasarkan rangking urutan luas area dan besarnya produksi yang dihasilkan selama periode 1969 - 1990 diantara 21 sayuran yang dihasilkan di indonesia. Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak ada satupun kombinasi pasar yang terpisah, yang berarti bahwa pasar dalam kondisi saling tergantung (interdependent). Hal ini mempunyai implikasi kebijakan yang penting bagi produsen sayur dan perumusan kebijakan di indonesia. Beberapa jenis sayuran pasar terintegrasi dalam jangka pendek, sementara bagi jenis komoditas sayuran lain pasar terintergrasi dalam jangka panjang. Hasil kesimpulan lain juga menunjukkan bahwa fasilitas transportasi antar pasar regional (wilayah) dan sifat produk yang cepat rusak (perishable) merupakan faktor yang penting menjelaskan kecepatan transmisi harga. Integrasi pasar komoditas sayur ternyata bersifat langsung : pasar di wilayah jawa barat terintegrasi dengan pasar di wilayah sumatera. Sementara itu, pasar di wilayah jawa tengah terintegrasi dengan pasar di wilayah jawa timur, nusa tenggara barat dan sulawesi.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)