Anda belum login :: 11 Aug 2022 01:16 WIB
Detail
ArtikelAnalisis Dampak Kepercayaan pada Penggunaan Media Pemasaran Online (E-Commerce) yang Diadopsi oleh UMKM: Perspektif Model DeLone & McLean  
Oleh: Hamid, Rahmad Solling ; Ikbal, Muhammad
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Jurnal Manajemen Teknologi vol. 16 no. 3 (2017), page 310-337.
Topik: Model DeLone and McLean; Trust; Benefit; e-commerce; dan UMKM
Fulltext: 2254-4719-2-PB_Ros.pdf (13.81MB)
Isi artikelTujuan penelitian ini adalah untuk menguji dampak kepercayaan (trust) pada peng gunaan media pemasaran online (e-commerce) yang diadopsi oleh UMKM melalui penilaian model kesuksesan sistem informasi Delone & McLean (2003). Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk memberikan bukti empiris tentang model kesuksesan sistem informasi Delone & McLean (2003) dalam kaitannya pada peng gunaan media pemasaran online (e-commerce). Populasinya adalah seluruh pimpinan atau pemilik Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Palopo. Sampel pada penelitian ini diambil dengan menggunakan metode non probability yaitu dengan tekhnik pendekatan pur posive sampling dengan pertimbangan bahwa sampel dipilih berdasarkan tujuan penelitian yaitu sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang menggunakan sistem pemasaran berbasis online (e-commerce). Ukuran sampel diambil sebanyak 200 sampel, dengan pertimbangan sampel minimal untuk Struktural Equation Model (SEM) yaitu 100 sampel dan tingkat kesalahan sebesar 5%. Untuk menguji hipotesis, penelitian ini menggunakan teknik struktural equation model (SEM) melalui pendekatan Partial Least Squares (PLS-SEM) dengan bantuan software SmartPLS 3.Hasil penelitian menujukkan bahwa konstruk trust ter nyata mampu ber peran baik secara langsung maupun sebagai variabel mediasi pada peng gunaan media pemasaran online (e-commerce) yang diadopsi oleh UMKM melalui penilaian model kesuksesan sistem informasi Delone & McLean (2003). Pengaruh information quality, system quality, dan service quality, terhadap user satisfaction yang dimediasi oleh trust ketiganya memiliki pengaruh tidak langsung (indirect effect) positif dan signifikan. Sedangkan trust ber pengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap user satisfaction dan trust ber pengaruh positif signifikan secara tidak langsung terhadap benefit yang dimediasi oleh user satisfaction. Hasil penelitian berikutnya mampu memberikan dukungan empiris terhadap model kesuksesan sistem informasi DeLone and McLean dengan mengkombinasikan konstruk trust ter nyata mampu menggambarkan fenomena peng gunaan sistem pemasaran online (e-commerce) bagi UMKM di Kota Palopo. Dimana dari enam belashipotesis yang diajukan hanya enam yang ditolak dan sepuluh hipotesis lainnya diterima.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)