Anda belum login :: 04 Jul 2022 18:55 WIB
Detail
ArtikelPengembangan bahan ajar membaca pemahaman berdasarkan strategi plan (predict, locate, add, note) untuk siswa kelas VII  
Oleh: Sudiati ; Nurhidayah
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Litera: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya vol. 16 no. 1 (Apr. 2017), page 114-128.
Topik: bahan ajar; membaca pemahaman; strategi PLAN
Fulltext: 14255-35230-1-SM.pdf (1.69MB)
Isi artikelPenelitian ini bertujuan menghasilkan bahan ajar membaca pemahaman berdasarkan strategi PLAN dan mengetahui kelayakannya untuk siswa kelas VII. Penelitian ini termasuk jenis penelitian desain dan pengembangan. Tahapan yang digunakan diambil dari gagasan Borg dan Gall. Jenis data berupa kualitatif dan kuantitatif. Uji keabsahan data berupa uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Instrumen penelitian berupa pedoman wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan statistik deskriptif. Hasil penelitian berupa buku ajar membaca pemahaman yang terdiri dari pendahuluan, isi, dan pelengkap. Hasil uji ahli materi dan ahli pembelajaran menunjukkan buku ajar yang dikembangkan berkategori baik dari aspek kelayakan isi, penyajian, bahasa, dan kegrafikaan. Hal ini ditunjukkan oleh skor rata-rata dari ahli materi sebesar 3,78 dan ahli pembelajaran sebesar 3,80.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.0156259 second(s)