Anda belum login :: 07 Jul 2022 14:22 WIB
Detail
ArtikelKesulitan belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia  
Oleh: Basuki ; Suryani, Yulinda Erma ; Setiyadi, Dwi Bambang Putut
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Litera: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya vol. 16 no. 1 (Apr. 2017), page 12-20.
Topik: kesulitan belajar; kompetensi; bahasa Indonesia
Fulltext: 14247-35214-1-SM.pdf (1.05MB)
Isi artikelPenelitian ini bertujuan mendeskripsikan kesulitan belajar siswa dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia tingkat SMA. Subjek penelitian siswa SMAN 1 Klaten, SMAN 1 Karangnongko, dan SMAN 1 Karangdowo.Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan wawancara. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan bantuan komputer program AnBuso. Berdasar hasil analisis data dapat diketahui bahwa siswa mengalami kesulitan pada kompetensi kebahasaan subkompetensi struktur (61,07%), kosakata (52,6%); kompetensi menyimak (41,88%), berbicara (18,89%), membaca (21,15%), dan menulis (20,02%); dan kesastraan baik pada tingkat informasi (45,69%), konsep (40,9%), perspektif (41,74%), dan apresiasi (47,1%). Hal itu menunjukkan bahwa kesulitan merata pada berbagai komponen bahan pembelajaran, baik untuk kompetensi kebahasaan maupun kesastraan, maka pencarian solusinya harus bersifat komprehensif termasuk pemilihan metode pembelajaran.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.296875 second(s)