Anda belum login :: 30 Nov 2022 01:14 WIB
Detail
ArtikelTransformasi teks cerita rakyat ke dalam bentuk cerita bergambar sebagai model pembelajaran membaca apresiatif  
Oleh: Setiartin R., Titin
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Litera: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya vol. 15 no. 2 (Oct. 2016), page 389-401.
Topik: transformasi teks; model pembelajaran; membaca apresiatif
Fulltext: 11837-28819-1-SM.pdf (1.65MB)
Isi artikelPenelitian ini bertujuan mendeskripsikan transformasi teks cerita rakyat ke dalam bentuk cerita bergambar sebagai model pembelajaran membaca apresiatif. Penelitian pengembangan ini menggunakan strategi campuran kualitatif-kuantitatif desain eksploratori sekuensial. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif dengan uji validasi pola matching pretest posttest. Hasil analisis uji-t antara tes awal and tes akhir kelas uji coba terbatas, uji coba luas, dan uji validasi menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan. Hasil analisis perbedaan dua rerata terhadap data hasil uji coba pertama/terbatas diperoleh nilai t sebesar 11,992 dengan besaran perbedaan antara nilai tes awal dan nilai tes akhir sebesar 16,785 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran transformasi teks cerita yang dikembangkan mampu meningkatkan kemampuan membaca apresiatif. Model pembelajaran transformasi teks cerita efektif dan layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca apresiatif siswa kelas XII SMK.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.0625 second(s)