Anda belum login :: 11 Dec 2023 00:53 WIB
Detail
ArtikelRespon Konsumen pada Mobile Advergames: Intrusiveness dan Irritation  
Oleh: Kusumasondjaja, Sony
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Jurnal Manajemen Teknologi vol. 15 no. 3 (2016), page 206-223.
Topik: intrusiveness; irritation; mobile advergames; sikap; iklan
Fulltext: 1876-3656-1-PB.pdf (8.35MB)
Isi artikelMeningkatnya penggunaan mobile advergames untuk menyampaikan pesan pemasaran belum diikuti dengan bukti empiris efektivitasnya. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh mobile advergames intrusiveness terhadap consumer irritation, sikap pada iklan, sikap pada produk yang diiklankan, dan niat beli konsumen. Pengujian efektivitas mobile advergames ini didasarkan pada fenomena meningkatnya penggunaan media mobile untuk menyampaikan pesan pemasaran pada konsumen dari kelompok demografis yang berbeda. Kerangka konseptual penelitian dibangun berdasarkan Advertising Avoidance Theory. Untuk pengumpulan data, self-administered survey dilakukan dengan menerapkan purposive sampling dan melibatkan 213 responden yang berdomisili di Surabaya dan pernah memainkan mobile games. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin konsumen merasa bahwa iklan yang muncul pada mobile advergames mengganggu kenyamanan mereka (intrusive), semakin kuat perasaan marah (irritation) yang terbentuk pada diri konsumen. Perasaan marah konsumen berpengaruh negatif dalam pembentukan sikap pada mobile advergames dan sikap pada produk yang diiklankan. Semakin baik sikap pada mobile advergames berpengaruh pada semakin positif sikap konsumen pada produk yang diiklankan. Begitu pula semakin positif sikap konsumen pada produk yang diiklankan, semakin positif pula niat konsumen untuk membeli. Menariknya, sikap pada mobile advergames tidak berpengaruh terhadap niat beli. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi bagi praktisi pemasaran yang menggunakan mobile advergames sebagai media placement dalam strategi periklanan mereka.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0 second(s)