Anda belum login :: 03 Oct 2022 07:49 WIB
Detail
ArtikelAnalisis Kesulitan Belajar dan Pencapaian Hasil Belajar Siswa melalui Strategi Pembelajaran Inkuiri  
Oleh: Wenno, Izaak. H. ; Esomar, Katerina ; Sopacua, Venty
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Cakrawala pendidikan vol. 35 no. 3 (Oct. 2016), page 378-385.
Topik: strategi pembelajaran inkuiri; kesulitan belajar; dan pencapaian hasil
Fulltext: 10706-27906-her-PB.pdf (530.53KB)
Isi artikelTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar dan pencapaian hasil belajar siswa SMA pada materi elastisitas bahan. Penelitian ini merupakan penelitian deskritif dengan sampel kelas XI IPA4 Negeri 5 Ambon. Data analisis kesulitan belajar diperoleh melalui angket, sedangkan data pencapaian hasil belajar diperoleh dari nilai formatif dan proses yang meliputi nilai kognitif, afektif, dan psikomotor. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama proses pembelajaran terdapat empat jenis kesulitan, yaitu kesulitan dalam menguasai konsep, mengaitkan hubungan antara konsep, menguasai rumus, dan mengoperasikan rumus saat menyelesaikan soal. Sebelum menggunakan strategi inkuiri, kemampuan siswa menguasai konsep antara 69,2-82,3%. Setelah penggunaan strategi inkuiri, kemampuan siswa meningkat menjadi 90,8%. Kemampuan mengaitkan antarkonsep meningkat menjadi 89,2%. Kemampuan menguasai rumus 87,1%, dan kemampuan mengoperasikan rumus untuk penyelesaian soal 91,3%. Peningkatan hasil belajar juga terjadi pada konsep elastisitas bahan. Strategi pembelajaran inkuri dapat mengatasi kesulitan belajar siswa dan dapat mencapai hasil belajarnya pada materi elastisitas bahan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)