Anda belum login :: 11 Aug 2022 02:55 WIB
Detail
ArtikelPengaruh Motivasi Belajar dan Persepsi atas Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial  
Oleh: Nurdin
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Cakrawala pendidikan vol. 35 no. 1 (Feb. 2016), page 98-105.
Topik: Belajar; persepsi; Prestasi
Fulltext: 8377-21334-her-PB.pdf (600.58KB)
Isi artikelPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan persepsi atas lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial. Metode Penelitian ini merupakan penelitian survey. Subjek penelitian ini adalah 160 siswa diambil secara acak di SMP Negeri Tambun-Bekasi. Data dikumpulkan dengan instrumen angket menggunakan skala likert. Keabsahan data diperoleh dengan uji validitas dan reliabilitas, semua data memiliki distribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar memberi pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial. Begitu juga persepsi atas lingkungan sekolah memberi pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial. Koefisien determinasi (R2) adalah motivasi belajar dan persepsi atas lingkungan sekolah memunyai hubungan kurang kuat terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.0625 second(s)