Anda belum login :: 03 Jul 2022 16:11 WIB
Detail
ArtikelPengembangan Game Petualangan “Si Bolang” Sebagai Media Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar  
Oleh: Sunarti ; Rahmawati, Selly ; Wardani, Setia
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Cakrawala pendidikan vol. 35 no. 1 (Feb. 2016), page 58-68.
Topik: “Si Bolang”; prestasi hasil belajar; motivasi belajar
Fulltext: 8365-21319-her-PB.pdf (780.72KB)
Isi artikelTujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran berbasis game yang menarik dan mengetahui perbedaan motivasi dan prestasi belajar dengan media tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Hasil pengembangan divalidasi oleh pakar media dan IT, sedangkan validasi materi dan tes evaluasi game dilakukan oleh ahli materi bahasa indonesia dan PKn. Instrumen pengumpulan data yang dipakai adalah angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik inferensial yaitu Mann-Whitney U-Test. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai beikut. (1) Pengembangan media game yang menarik dilakukan dengan mengembangkan design game petualangan si Bolang. (2) Tidak ada perbedaan signifikan prestasi belajar dengan media game dan gambar. (3) Ada perbedaan signifikan motivasi belajar dengan media game dan gambar. (4) Media game lebih efektif untuk meningkatan motivasi belajar dibandingkan dengan media gambar.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)