Anda belum login :: 03 Jul 2022 15:21 WIB
Detail
ArtikelIndividu, Komunitas, dan Negara Dalam Konteks Pembentukan Community Civics  
Oleh: Farisi, Mohammad Imam ; Lukiyadi
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Cakrawala pendidikan vol. 35 no. 1 (Feb. 2016), page 33-46.
Topik: buku teks; sekolah dasar; ilmu pengetahuan sosial; kewarganegaraan
Fulltext: 8363-21317-her-PB.pdf (448.1KB)
Isi artikelPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan status dan peran individu, komunitas, dan negara-bangsa bagi pembentukan kewarganegaraan komunitas sebagaimana dikonstruksi di dalam buku-buku teks Ilmu Pengetahuan Sosial SD. Penelitian menggunakan teknik analisis konten kualitatif. Sumber data penelitian adalah enam buku teks elektronik IPS-SD kelas I-VI SD/MI karya Nursa’ban dan Rusmawan (2008; 2010a,b) (kelas I—III); Suranti dan Setiawan (2009a,b) (kelas IV-VI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara pedagogis status dan peran individu komunitas, dan negara-bangsa bagi pembentukan kewarganegaraan komunitas dikonstruksi sejalan dengan ideologi “tertib-sosial” dan “tipe ideal” melalui penggunaan simbol, slogan, pesan, tujuan, dan gagasan, serta didukung melalui penggunaan politik kesejarahan. Persoalan-persoalan demokrasi seperti konflik sosial, isu dan masalah kontemporer dan kontroversial di wilayah tabu yang juga merupakan persoalan nyata masyarakat belum banyak diungkap karena dianggap dapat mengganggu tertib-sosial dan tipe ideal yang dicitakan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)