Anda belum login :: 30 May 2024 01:30 WIB
Detail
ArtikelStrategi Peningkatan Rantai Nilai Agroindustri Daging Sapi  
Oleh: Shabrina, Nur ; Syarief, Rizal ; Arkeman, Yandra
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Jurnal Aplikasi Manajemen vol. 13 no. 4 (Dec. 2015), page 682-688.
Topik: agroindustri; beef; Depok City; strategy; value chain
Fulltext: 818-2156-1-PB_her.pdf (116.06KB)
Isi artikelMeningkatnya permintaan komoditas daging sapi di Indonesia harus didukung oleh manajemen rantai pasokan yang baik untuk mencapai swasembada dan ketahanan pangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis harapan konsumen untuk daging sapi komoditas di Depok, mengidentifikasi dan memetakan rantai nilai daging sapi agroindustri, dan menganalisis alternatif strategis untuk meningkatkan rantai nilai daging sapi agroindustri berdasarkan karakteristik dari industri peternakan di Depok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Berdasarkan analisis, 11 atribut diperoleh mempengaruhi kualitas daging sapi. rasio lemak, rasa, warna, marbling, juiceness, aroma, kehalalan, kesegaran, harga, tekstur, dan ketersediaan di pasar. Hasil analisis gap menunjukkan bahwa kondisi sebenarnya yang dirasakan oleh konsumen kualitas daging sapi terkait belum memenuhi harapan konsumen. Dalam hasil rumah kualitas, hubungan yang kuat terdapat atribut kehalalan. Hubungan moderat yang terkandung dalam proses kesegaran dan pemotongan. Hubungan yang lemah ditemukan di semua fasilitas dalam karakteristik teknis. Dalam analisis rantai nilai, mengidentifikasi dua jenis aktivitas aliran. Hasil analisis stakeholder menunjukkan bahwa atribut konsumen dan pengusaha memiliki posisi yang kuat dan tertinggi yang sama dibandingkan dengan pemangku kepentingan lainnya.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)