Anda belum login :: 29 Jan 2023 02:00 WIB
Detail
ArtikelStrategi Pendistribusian Buah Lokal di Kota Semarang  
Oleh: Hikmah ; Ratnawati, Andalan Tri
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Jurnal Aplikasi Manajemen vol. 13 no. 2 (Jun. 2015), page 229 - 236.
Topik: strategi pendistribusian; buah lokal; pelaku bisnis buah; konsumen akhir; distribution strategy; local fruit; fruit businesses; consumers
Fulltext: 764-2011-1-PB_ros.pdf (173.4KB)
Isi artikelPeluang pasar bagi buah lokal masih amat luas seiring tumbuhnya kesadaran masyarakat mengonsumsi buah. Menurut jejak pendapat Kompas (16 Oktober 2011) masyarakat sebenarnya masih menggemari buah lokal, dari 446 responden 74,9% responden lebih memilih buah lokal dari pada buah impor. Buah yang dikirim dari petani hingga pedagang pengecer, diperkirakan mencapai 30% rusak sebelum sampai ke tangan konsumen. Hal ini berbeda dengan buah hasil impor dengan menempuh perjalanan yang jauh kondisinya masih bagus. Penelitian ini bertujuan membuat strategi pendistribusian buah lokal di Kota Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah petani, pedagang eceran, pengepul, tengkulak. Metode penelitian menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Pola distribusi buah lokal di Kota Semarang sebagian besar petani menjual ke tengkulak, dilanjutkan ke pengepul, baru ke pedagang eceran yang kemudian diteruskan ke konsumen. Strategi distribusi buah lokal model penelitian ini adalah petani diteruskan ke koordinator petani buah terus outlet diteruskan ke konsumen , atau dari koordinator petani kemudian ke outlet baru kepada konsumen.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.046875 second(s)