Anda belum login :: 29 Jan 2023 03:39 WIB
Detail
ArtikelMengoptimalisasikan Kinerja Unit Riset dan Pengembangan di Perusahaan PT Kimia Farma (Persero), Tbk. melalui Penyempurnaan Struktur Organisasi Dalam Menghadapi Persaingan di Era Globalisasi dan Asean-China Free Trade Area (A-CFTA)  
Oleh: Nurgraha, Rd. Much. Jusup
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Jurnal Aplikasi Manajemen vol. 12 no. 4 (Dec. 2014), page 679 - 691.
Topik: arah dan tujuan organisasi; proses bisnis; job analysis berbasis kompetensi; struktur organisasi; organization objectives; business process; job analysis based on competencies; organization structure
Fulltext: 718-1886-1-PB.pdf (1.58MB)
Isi artikelDi era globalisasi dan A-CFTA kompetisi semakin ketat, agar bertahan dan bersaing PT Kimia Farma (Pesero), Tbk harus dapat mensinkronisasikan rencana kerja Unit Riset & Pengembangan dengan Unit Pemasaran. Hal ini perlu penyempurnakan struktur organisasi dalam mengikuti perubahan iklim kompetisi melalui penyempurnaan arah, tujuan, proses bisnis yang ada saat ini agar lebih efektif dan efisien serta peningkatan kinerja SDM yang didasarkan pada job analysis melalui penyempurnaan kompetensi yang ada. Penyempurnaan tersebut dengan mengambil responden yang berkontribusi langsung pada aktivitas proses bisnisnya dan menggunakan metode penelitian wawancara, observasi dan survei. Jenis penelitian yang dilakukan adalah merancang penyempurnaan yang meliputi, arah pengembangan struktur organisasi, mengembangkan proses bisnis, merancang job analysis berdasarkan proses bisnis yang berkompetensi, mendesain penyempurnaan struktur organisasi yang berdasarkan proses bisnis dan job analysis yang berkompetensi di Unit Riset & Pengembangan. Hasil penelitian adalah penyempurnaan visi, misi, tujuan/sasaran, value organisasi, penyempurnaan proses bisnis dengan membuat standar operasional prosedur pengajuan proposal penelitian produk baru, penyempurnaan Job Analysis di tambahkan dengan beberapa kompetensi. Dari rancangan penyempurnaan organisasi terlihat bukan lagi hanya sebagai depertementalisasi berdasarkan fungsi tapi departementalisasi berdasarkan produk dan fungsi dengan sistem desentralisasi.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.046875 second(s)