Anda belum login :: 06 Feb 2023 00:20 WIB
Detail
ArtikelAnalisis Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru terhadap Komitmen Kerja Guru (Studi Kasus: SDIT Ummul Quro’ Kota Bogor)  
Oleh: Rizqiani, Arifah ; Syamsun, Muhammad ; Dirdjosuparto, Sukiswo
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Jurnal Aplikasi Manajemen vol. 12 no. 1 (Mar. 2014), page 61 - 69.
Topik: kepemimpinan kepala sekolah; motivasi kerja guru; komitmen kerja guru; PLS (Part Least Square); principal leadership; teacher work motivation; commitment work teacher
Fulltext: 621-1662-1-PB_ros.pdf (315.86KB)
Isi artikelKeberhasilan tujuan pendidikan nasional akan dapat tercapai bila sekolah memperhatikan komponen pendidikan, khususnya sumber daya manusia yaitu guru. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas sekolah dapat dilakukan dengan cara memperkuat komitmen kerja guru dengan mempertimbangkan kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja guru. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja guru terhadap komitmen kerja guru di SDIT Ummul Quro’ Kota Bogor. Pengujian validitas dan reliabilitas instrumen pada penelitian ini menggunakan software SPSS 16.00 dan pengujian hipotesis menggunakan model persamaan Struktural Equation Model (SEM) dengan pendekatan SMART PLS (Part Least Square). Karakteristik responden guru SDIT Ummul Quro’ yang mengisi instrumen penelitian ini didominasi oleh responden perempuan, telah menikah, berlatar belakang pendidikan sarjana (S1), berusia 30–39 tahun dan telah bekerja di SDIT Ummul Quro’ selama 8–15 tahun. Berdasarkan hasil uji ANOVA diperoleh bahwa tidak ada perbedaan pada jenis kelamin, usia, tingkat pendidikan, status perkawinan dan lama bekerja terhadap komitmen kerja guru. Hasil distribusi frekuensi data pada penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas responden memiliki persepsi yang baik (setuju) pada instrumen kepemimpinan sekolah, motivasi kerja guru dan komitmen kerja guru. Berdasarkan hasil analisa hipotesis menggunakan SEM dengan pendekatan PLS (Part Least Square) diketahui bahwa kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap komitmen kerja guru, baik secara langsung atau melalui perantara motivasi kerja guru. Selanjutnya, dalam Model 1 (variabel kepemimpinan berpengaruh secara tidak langsung terhadap komitmen kerja guru) variabel kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh signifikan terhadap motivasi kerja guru dan motivasi kerja guru pada akhirnya berpengaruh secara signifikan terhadap komitmen kerja guru. Hal ini dapat disimpulkan bahwa variabel kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja guru berpengaruh signifikan terhadap komitmen kerja guru.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)