Anda belum login :: 04 Dec 2022 21:42 WIB
Detail
ArtikelIDENTIFIKASI PERMASALAHAN PADA SISTEM KERJA PETUGAS HALTE TRANSIT TRANSJAKARTA KORIDOR 4 (DUKUH ATAS - PULOGADUNG) MENGGUNAKAN PENDEKATAN MACROERGONOMICS ANALYSIS AND DESIGN  
Oleh: Safitri, Dian Mardi ; Septiani, Winnie ; Nurhasanah, Ade
Jenis: Article from Proceeding
Dalam koleksi: Prosiding Seminar Nasional Teknologi Industri (SNTI) ke-IV: Inovasi Teknologi Ramah Lingkungan untuk Penguatan Daya Saing Industri di Jakarta, 4-5 Juni 2014 - Buku II, page 134: 1-7.
Topik: makroekonomi; MEAD (Macroergonomics Analysis and Design); variansi kunci
Fulltext: 134 1-7.pdf (138.76KB)
Isi artikelJumlah penumpang Transjakarta pada koridor 4 (Dukuh Atas – Pulogadung) naik sekitar 23% setiap tahunnya. Pada penelitian pendahuluan, ditemukan adanya keluhan para penumpang mengenai buruknya pelayanan petugas di halte busway khususnya halte transit. Sistem kerja petugas ialah sistem yang mengatur aktivitas kerja petugas busway yang terdiri kasir, barrier dan PAM Halte dengan tujuan memberikan pelayanan terbaik untuk penumpang. Penelitian ini dilakukan untuk memperbaiki sistem kerja dengan menggunakan pendekatan Macroergonomics Analysis and Design (MEAD). MEAD dapat memecahkan masalah dari segi organisasi, lingkungan serta teknologi pada sistem yang berjalan melalui sepuluh tahapan proses yaitu melakukan scan subsistem organisasi dan lingkungan, analisis subsistem teknik, mendefinisikan unit operasi dan proses bekerja, mengumpulkan variansi data, membangun matriks variansi, tabel kontrol variansi dan analisis peran, alokasi fungsi dan perancangan desain, persepsi tanggung jawab dan evaluasi, perancangan usulan perbaikan dan implementasi dan improve. Output dari penelitian pendahuluan ini adalah identifikasi variansi kunci (tahapan MEAD ke-5) yang menunjukkan faktor penyebab buruknya pelayanan petugas halte transit di koridor 4, yaitu koordinator lapangan atau pengawas tidak memberikan briefing atau petunjuk kerja secara rutin, petugas tidak memberi senyum kepada penumpang ketika berinteraksi dengan penumpang, tercampurnya tiket yang salah cetak dengan tiket yang akan dijual, petugas tidak ramah dalam melayani penumpang, petugas memberikan tiket dengan cara kasar, petugas mengatur penumpang dengan nada tinggi, petugas mengatur penumpang dengan kasar dan petugas tidak memberitahukan rute transit.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)