Anda belum login :: 04 Dec 2022 21:32 WIB
Detail
ArtikelANALISIS GETARAN TRANSMISI MOTOR MATIC YANG DIAKIBATKAN OLEH PENGARUH AUSNYA V-BELT BERGIGI  
Oleh: Eddy, Noor ; Halim, Arifin ; Andriyansa ; Purbaya, R Wibawa
Jenis: Article from Proceeding
Dalam koleksi: Prosiding Seminar Nasional Teknologi Industri (SNTI) ke-IV: Inovasi Teknologi Ramah Lingkungan untuk Penguatan Daya Saing Industri di Jakarta, 4-5 Juni 2014 - Buku II, page 099: 1-8.
Topik: Getaran; v-belt bergigi; amplitudo; continue variable transmission; digital signal analyzer; fast fourier transform
Fulltext: 099 1-8.pdf (627.89KB)
Isi artikelPerkembangan teknologi di bidang otomotif berkembang dengan sangatpesat, sebagian besar kendaraan bermotor yang memadati jalanan, terutama motor matic yang sangat digemariolehremajamaupunkaumibu jumlahnyasangatbanyak maka tak luput dari kenyamanan penumpang berkendaraan jika terjadi kerusakan pada transmisi motor tersebut, maka perlu di deteksi jika terjadi kerusakan untuk menjaga kelangsungan pengendara menjalankan aktivitas, sehinggamenarikuntukditeliti. Pada makalah ini dirancang konstruksi Continue Variable Transmission (CVT) pada motor matic untuk mendeteksi keausan yang ditimbulkan pada v-belt bergigi dengan menggunakan digital signal analyzer “Onosokki” dengan di pasang sensor accelerometer. Data hasil pengujian diolah menggunakan software yang berbasis metode fast fourier transform untuk mengubah domain waktu menjadi domain frekuensi. Hasil konstruksi pengujian ini menggunakan 16 tingkat kecepatan dari 2900 rpm sampai dengan 5220 rpm dan salah satu hasilnya yaitu perbedaan amplitudo pada domain waktu dan kecepatan 4640 rpm adalah 8,18 m/s2 untuk V-belt yang bagus sedangkan 18,6 m/s2 kata kunci : Getaran, v-belt bergigi, amplitudo, continue variable transmission, digital signal analyzer, fast fourier transform V- belt ygaus. Ditinjau dari domain frekuensi muncul pada 154,67 Hz untuk V-belt yang bagus dan 138,75 Hz untuk V-belt yang aus atau muncul pada 2xRPM. Perbedaan antara kedua kondisi V-belt, baik ditinjau dari domain waktu dan domain frekuensi dikarenakan terjadi slip & kontak gigi akibat v-belt aus.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.03125 second(s)