Anda belum login :: 21 Jan 2022 01:12 WIB
Detail
ArtikelSistem Kali sebagai kearifan lokal manajemen air bersih desa lereng gunung (Kasus Desa Kapencar, Desa Candiyasan dan Desa Reco, Lereng Gunung Sindoro, Wonosobo)  
Oleh: Rejeki, VG. Sri
Jenis: Article from Proceeding
Dalam koleksi: Proceedings Seminar Nasional Riset dan Teknologi Terapan (Ritektra) ke-4: Rekayasa dan inovasi teknologi untuk peningkatan kualitas hidup bangsa di Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, 17 September 2014, page 318-320.
Topik: Sistem Kali; permukiman lereng gunung; kearifan lokal
Fulltext: Prosiding RITEKTRA 2014 p61.pdf (594.12KB)
Isi artikelPermukiman lereng gunung memiliki karakter lingkungan yang spesifik, berbeda dengan karakter permukian di dataran sawah, pusat pemerintahan (kraton, kota) maupun di tepian air. Salah satu keunikan yang ada antara lain berupa sistem kali (pengelolaan air bersih) yang mempengaruhi tata permukiman, termasuk tatanan spatial desa. Adanya pengaruh kawasan lerengan terhadap kearifan lokal tentang sistem kali terungkap secara fisik, didukung oleh sosial budaya yang cukup kuat berupa tradisi-tradisi. Adanya pengetahuan ini diharapkan dalam penataan dan pengembangan kawasan lereng gunung menjadi pertimbangkan kearifan lokal di tiap daerah, dengan tidak peninggalkan tradisi-tradisi yang ada.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)