Anda belum login :: 29 Jan 2022 03:31 WIB
Detail
ArtikelSistem Penilaian Essay Jawaban Berbahasa Indonesia dengan Metode K-Nearest Neighbor (k-NN) Dan Latent Semantic Analysis (LSA)  
Oleh: Darsono, Agustinus Dwi Budi ; Wijono, Sri Hartati
Jenis: Article from Proceeding
Dalam koleksi: Proceedings Seminar Nasional Riset dan Teknologi Terapan (Ritektra) ke-4: Rekayasa dan inovasi teknologi untuk peningkatan kualitas hidup bangsa di Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, 17 September 2014, page 275-279.
Topik: Tes Essay; KNN; LSA; SVD; error sistem.
Fulltext: Prosiding RITEKTRA 2014 p53.pdf (497.77KB)
Isi artikelTes Essay adalah tes yang disusun dalam bentuk pertanyaan terstruktur dan siswa menyusun serta mengorganisasikan sendiri jawaban dengan bahasa sendiri. Kendala tes essay yang banyak dihadapi seperti membutuhkan waktu yang lama mengoreksi, jawaban heterogen, serta subyektifitas penilai sulit dihindari .Maka dengan kendala itu maka perlu dibuatkan sistem penilaian. Metode yang digunakan dalam sistem ini adalah K-Nearest Neighbor(K-NN) dan Latent Semantic Analiysis(LSA). KNN digunakan dalam klasifikasi jawaban siswa dan LSA untuk menghitung nilai. Implementasi sistem menggunakan bahasa Java dan dalam perhitungan SVD dalam LSA menggunakan Java Library JAMA. Tingkat akurasi KNN untuk k=1 mencapai 85,13% dan k=3 mencapai 86.67%. Tingkat error sistem Nilai LSA untuk k=1 mencapai 14.02% dan k=3 mencapai 13.11%.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)