Anda belum login :: 20 Jan 2022 23:10 WIB
Detail
ArtikelSistem Pemeriksaan Kelembaban Tanah untuk Area Perkebunan dan Pertanian dengan Metode Wireless Sensor Network (WSN)  
Oleh: Febrian
Jenis: Article from Proceeding
Dalam koleksi: Proceedings Seminar Nasional Riset dan Teknologi Terapan (Ritektra) ke-4: Rekayasa dan inovasi teknologi untuk peningkatan kualitas hidup bangsa di Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, 17 September 2014, page 195-198.
Topik: WSN; Pertanian; Perkebunan; Kelembaban tanah.
Fulltext: Prosiding RITEKTRA 2014 p38.pdf (1.22MB)
Isi artikelPenelitian ini bertujuan untuk mempermudah memeriksaan dan memantau kadar air pada tanah di daerah perkebunan atau persawahan, sehingga dapat mempermudah, dan menghemat waktu dan tenaga kerja yang dibutuhkan. Penelitian ini memanfaatkan teknologi Wireless Sensor Network (WSN) di bidang pertanian atau perkebunan. Pengukuran kadar air dilakukan dengan menggunakan sensor kelembaban tanah sebagai sensor sedangkan untuk mengirim data yang diperoleh digunakan Arduino micro controler board dan XBee sebagai alat komunikasinya. Hasil yang diperoleh kemudian akan ditampilkan secara visual menggunakan program MATLAB sehingga mudah untuk diamati. Hasil visualisasi yang diperoleh secara kualitatif dapat diamati dengan mudah dan error rate dari keadaan nyata = 20%.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)