Anda belum login :: 21 Jan 2022 01:08 WIB
Detail
ArtikelStudi Eksperimental Karakteristik Pengering Pakaian Dengan Memanfaatkan Panas Buang Mesin Pendingin  
Oleh: Sujiono, Adventus ; Nuriati, Maria ; Artika, Maria Natalia Wiwik Dwi ; Wicaksono, Bartolomeus Damar Adi ; Larasati, Rahayu
Jenis: Article from Proceeding
Dalam koleksi: Proceedings Seminar Nasional Riset dan Teknologi Terapan (Ritektra) ke-4: Rekayasa dan inovasi teknologi untuk peningkatan kualitas hidup bangsa di Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, 17 September 2014, page 182-185.
Topik: pengering pakaian; panas buang; mesin pendingin; COP.
Fulltext: Prosiding RITEKTRA 2014 p35.pdf (801.26KB)
Isi artikelMasalah pengeringan pakaian umumnya karena cuaca yang mendung terutama dimusin hujan. Alternatif lain mendapatkan energi panas untuk pengeringan pakaian, salah satunya dengan memanfaatkan panas buang dari mesin pendingin(pendingin ruangan/ lemari es). Penelitian ini bertujuan membuat model pengering pakaian dengan memanfaatkan panas buang mesin pendingin dan meneliti karakteristinya.Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama 150 menit pengujian, penurunan massa pakaian dengan menggunakan model pengering dengan memanfaatkan panas buang mesin pendingin lebih cepat 60% dibandingkan dengan hanya dijemur memanfaatkan panas buang mesin pendingin.Unjuk kerja dari pemanfaatan panas buang mesin pendingin terjadi peningkatanCOP 50% dari COP standar (mesin pendingin tanpa pemanfaatan panas buang). Hal ini setara denganpenghematan daya kompresor 50% dengan beban pendinginan sama.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)