Anda belum login :: 21 Jan 2022 00:57 WIB
Detail
ArtikelPengukuran Produktivitas Untuk Pengembangan Model Perbaikan Produktivitas Industri Kecil (UKM) Sentra Industri Sepatu Wedoro Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur Dengan Pendekatan Lean Production  
Oleh: Mulyana, Ig. Jaka ; Angka, Peter R.
Jenis: Article from Proceeding
Dalam koleksi: Proceedings Seminar Nasional Riset dan Teknologi Terapan (Ritektra) ke-4: Rekayasa dan inovasi teknologi untuk peningkatan kualitas hidup bangsa di Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, 17 September 2014, page 7-12.
Topik: UKM; produktivitas; OMAX
Fulltext: Prosiding RITEKTRA 2014 p2.pdf (607.51KB)
Isi artikelSentra industri sepatu di Desa Wedoro Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur sudah berkembang sejak beberapa tahun yang lalu. Namun sejak membanjirnya produk sepatu dari Cina, terlebih sejak diberlakukannya AFTA China Asean Free Trade Area), industri Wedoro mengalami kemerosotan penjualan. Untuk mampu bersaing dengan produk Cina, industri sepatu Wedoro harus bias bersaing dari sisi harga tanpa harus mengorbankan kualitas. Upaya yang dapat digunakan untuk meningkatkan produktivitas adalah dengan melalui pendekatan lean manufacturing. Konsep lean manufacturing pada prinsipnya adalah selalu berusaha menghilangkan limbah (waste) dalam system produksi. Salah satu alat manajemen yang pertama kali digunakan dalam implementasi lean manufacturing adalah konsep 5R. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah model perbaikan proses bisnis Sentra Industri Sepatu Wedoro Kab. Sidoarjo. Dengan demikian dapat menjadi sebuah model perbaikan bagi industri sepatu yang lain. Sehingga proses produksi lebih efisien dan biaya produksi rendah. Pada tahun pertama, penelitian ini diawali dengan prongukuran produktivitas industri saat ini sebagai base line nya. Hasil pengukuran produktivitas dengan menggunakan OMAX menunjukkan bahwa produktivitas industri relatif rendah dan ada kecenderungan menurun. Sedangkan berdasarkan pengamatan terhadap lingkungan kerja, menunjukkan bahwa lingkungan kerja tidak tertata rapi dan menyebabkan ketidaknyamanan dalam bekerja. Untuk itu akan dilakukan perbaikan tempat kerja sehingga lingkungan kerja menjadi nyaman. Dengan demikian akan meningkatkan produktivitas industri.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)