Anda belum login :: 02 Jul 2022 08:24 WIB
Detail
ArtikelKetidakcermatan Ejaan: Dari Sekolah Dasar Hingga Perguruan Tinggi  
Oleh: Wijayanti, Sri Hapsari
Jenis: Article from Proceeding
Dalam koleksi: KOLITA 11: Konferensi Linguistik Tahunan Atma Jaya Kesebelas, Jakarta,1-2 Mei 2013, page 309-316.
Topik: ejaan; siswa; sinopsis; menulis
Fulltext: KETIDAKCERMATAN EJAAN.pdf (2.17MB)
Ketersediaan
  • Perpustakaan PKBB
    • Nomor Panggil: 406 KLA 11
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: 1
    Lihat Detail Induk
Isi artikelMenulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang dilatih sejak tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Meskipun demikian, masih terlihat ketidaktepatan penggunaan ejaan baik pada tulisan siswa SD maupun karya tulis mahasiswa tingkat akhir. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan ketidakcermatan pemakaian ejaan pada tiga belas tulisan siswa kelas V dan VI, pemenang lomba sinopsis di tiga SDN di Cisauk, Tangerang. Selain itu, penelitian ini juga akan membandingkan ketidakcermatan ejaan yang ditemukan pada tulisan siswa SDN dengan penelitian penulis sebelumnya (2012) tentang tulisan mahasiswa jurusan nonbahasa di salah satu perguruan tinggi (PT) swasta. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan mengklasifikasikan ketidakcermatan ejaan yang ditemukan dalam sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketidakcermatan ejaan yang ditulis siswa SD tidak berbeda dengan penulisan ejaan pada tulisan mahasiswa, seperti dalam pemakaian huruf kapital, pemakaian tanda baca titik, koma, hubung, petik; penulisan kata depan dan kata turunan di, kata ulang, bentuk partikel pun; singkatan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)