Anda belum login :: 12 Aug 2022 12:19 WIB
Detail
ArtikelPengaruh Modal Sosial pada Perilaku Berbagi Pengetahuan dan Kinerja: Studi Kasus di Pemasok Komponen Otomotif Astra Grup  
Oleh: Sukoco, Badri. M
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Jurnal Manajemen Teknologi vol. 12 no. 3 (2013), page 235-251.
Topik: modal sosial; berbagi pengetahuan; kinerja pemasok; interdependensi; Grup Astra
Fulltext: 700-1721-1-PB_Pas.pdf (252.46KB)
Isi artikelSebagai sebuah kelompok perusahaan otomotif terbesar di Indonesia, Grup Astra menjalin kemitraan dengan supplier spare parts secara ekstensif, yang mana pemasok berkategori Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk komponen sepeda motor mencapai 94% sedangkan komponen mobil mencapai 60%. Hubungan yang terjalin selama ini dimungkinkan membentuk modal sosial yang kuat dan tentunya akan menimbulkan konsekuensi positif bagi kedua belah pihak. Menggunakan Teori Modal Sosial, peneliti bermaksud menguji secara empiris apakah keberadaan modal sosial mempengaruhi aktifitas berbagi pengetahuan antara supplier dan buyer (dalam hal ini Grup Astra) maupun kinerja pemasok. Lebih lanjut, peneliti berargumen bahwa persepsi ketergantungan (interdependensi) pada pembeli akan memoderasi pengaruh modal sosial terhadap kinerja masingmasing pemasok. Berdasarkan hasil survei yang diikuti lebih dari 211 supplier Grup Astra, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modal sosial hanya mempengaruhi kinerja pemasok. Efek moderasi dari interdependensi yang diasumsikan juga tidak terkonfirmasi dalam penelitian ini. Konsisten dengan hipotesa yang dikembangkan, modal sosial relasional terbukti dibentuk oleh modal sosial kognitif dan struktural. Implikasi manajerial dan akademis disajikan lebih lanjut dalam penelitian ini.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)