Anda belum login :: 25 Feb 2024 17:53 WIB
Detail
ArtikelNormalitas Perempuan dalam Iklan Pond’s  
Oleh: Handaka, Tatag
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional
Dalam koleksi: Jurnal Ilmu Komunikasi vol. 09 no. 03 (2011), page 293-304.
Topik: iklan; mitos; normalitas; dan perempuan
Fulltext: Tatag_Handaka.pdf (426.28KB)
Isi artikelPenelitian ini bertujuan meneliti makna pesan pada 22 iklan Pond’s yang disiarkan melalui media televisi. Teori komunikasi yang digunakan adalah Teori Tanda dari Roland Barthes. Metode penelitian yang digunakan adalah semiotika dan paradigma penelitian kritis (critical paradigm). Hasil analisis data menunjukkan bahwa pesan dalam iklan mengandung pesan denotatif, konotatif, dan mitos, terutama apabila pesan itu diulang secara terus-menerus. Warna putih adalah mitos. Penanda putih bisa diamati dalam setiap iklan Pond’s baik berupa kulit wajah, kulit tubuh bintang iklan, tulisan, narasi, latar, maupun lirik lagu yang mengiringinya. Dalam mitos putih, terdapat normalitas perempuan. Putih Pond’s telah menormalisasi perempuan untuk memiliki wajah dan kulit putih. Kulit putih adalah kulit ideal bagi perempuan, maka apapun warna kulit perempuan saat ini, idealnya kulit mereka harus menjadi putih. Selain kulit putih ideal, juga ada kulit putih fresh look, kulit putih kilau mutiara, kulit putih yang bersinar, dan kulit putih sampai ke ujung kaki. Subjek kuasa dalam normalitas ini bersifat anonim. Iklan Pond’s menunjukkan bahwa kuasa itu berasal dari laki-laki, anak laki-laki, perempuan itu sendiri, temanteman perempuan, ibu mertua, keluarga calon mertua, dan dari Pond’s.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)