Anda belum login :: 19 Apr 2025 08:05 WIB
Detail
ArtikelSosiolinguistik dan Pengajaran Bahasa  
Oleh: Soewandi, A.M. Slamet
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI - non-atma jaya
Dalam koleksi: Widya Dharma: Jurnal Kependidikan (Majalah Ilmiah Kependidikan) vol. 3 no. 2 (Apr. 1993), page 115-128.
Topik: SOSIOLINGUISTIK; sosiolinguistik; pengajaran bahasa
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: WW32.2
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelAda keragu - raguan sebagian pendidik bahasa terhadap sumbangan yang diberikan oleh kajian bahasa secara sociolinguistik. Keragu - raguan itu terungkap dalam keluhan bahwa bahasa siswa menjadi rusak karenanya. Ternyata kajian sosial suatu bahasa memperlihatkan suatu kenyataan bahwa suatu bahasa dalam keadaannya yang riil terealisasi dalam bentuk variasi, baik variasi ucapan, penulisan, bentuk dan kosa kata, maupun variasi kalimat. Ini disebabkan karena pada hakikatnya bahasa merupakan alat komunikasi bagi anggota - anggota masyarakat. Juga merupakan suatu kenyataan sosial bahwa : 1. setiap anggota masyarakat memiliki berbagai peran, yang karena itu memerlukan berbagai variasi bahasa sesuai dengan peran - peran yang disandangnya 2. manusia secara inherent berbeda satu dengan lainnya, yang karena itu menghendaki berbagai variasi bahasa pula dalam berkomunikasi. Kenyataan - kenyataan seperti itulah yang terungkap melalui kajian sosiolinguistis, dan kenyataan - kenyataan itulah yang sebaiknya diperhatikan oleh pendidik bahasa.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0 second(s)