Anda belum login :: 22 Apr 2025 22:33 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Ethnoscience: Salah Satu Topik Pembelajaran IPA yang Berwawasan Multikultur
Oleh:
Asy'ari, Maslichah
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI - non-atma jaya
Dalam koleksi:
Widya Dharma: Jurnal Kependidikan (Majalah Ilmiah Kependidikan) vol. 11 no. 1 (Oct. 2001)
,
page 69-78.
Topik:
Ethnoscience
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
WW32.1
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Budaya yang berlaku dalam keluarga dan yang berkembang dalam masyarakat sekitar dapat mempengaruhi bagaimana seseorang mengkonstruksi pengetahuannya. OIeh karena itu Sekolah yang pada dasarnya merupakan komunitas yang terdiri dari siswa-siswa yang berasal dari berbagai macam cultur perlu mempertimbangkan masalah tersebut dalam proses pembelajarannya. Beberapa materi pembeIajaran dalam pemahamannya dapat dipengaruhi oleh budaya, sehingga bagi siswa yang berasal dari kultur yang berbeda akan mengalami hambatan untuk raahaminya atau bahkan malah memiliki pemahaman yang salah. Untuk menghindari hal tersebut maka perlu diupayakan pembelajaran yang berwawasan multikultur agar setiap siswa mendapatkan peluang yang sama. Pembelajaran multikultur kecuali dapat memfasilitasi kesamaan peluang pemahaman suatu materi pembelajaran juga dapat menimbulkan rasa persatuan. Hal tersebut disebabkan dapat memunculkan kesadaran dalam diri siswa bahwa setiap budaya atau kuItur memiliki andil dalam pembentukan pengetahuan yang dibutuhkan. sehingga keberadaan multietnis dirasa bukan sebagai suatu saingan meIainkan sebagai patner kerjasama.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0 second(s)