Anda belum login :: 22 Apr 2025 22:33 WIB
Detail
ArtikelEthnoscience: Salah Satu Topik Pembelajaran IPA yang Berwawasan Multikultur  
Oleh: Asy'ari, Maslichah
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI - non-atma jaya
Dalam koleksi: Widya Dharma: Jurnal Kependidikan (Majalah Ilmiah Kependidikan) vol. 11 no. 1 (Oct. 2001), page 69-78.
Topik: Ethnoscience
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: WW32.1
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelBudaya yang berlaku dalam keluarga dan yang berkembang dalam masyarakat sekitar dapat mempengaruhi bagaimana seseorang mengkonstruksi pengetahuannya. OIeh karena itu Sekolah yang pada dasarnya merupakan komunitas yang terdiri dari siswa-siswa yang berasal dari berbagai macam cultur perlu mempertimbangkan masalah tersebut dalam proses pembelajarannya. Beberapa materi pembeIajaran dalam pemahamannya dapat dipengaruhi oleh budaya, sehingga bagi siswa yang berasal dari kultur yang berbeda akan mengalami hambatan untuk raahaminya atau bahkan malah memiliki pemahaman yang salah. Untuk menghindari hal tersebut maka perlu diupayakan pembelajaran yang berwawasan multikultur agar setiap siswa mendapatkan peluang yang sama. Pembelajaran multikultur kecuali dapat memfasilitasi kesamaan peluang pemahaman suatu materi pembelajaran juga dapat menimbulkan rasa persatuan. Hal tersebut disebabkan dapat memunculkan kesadaran dalam diri siswa bahwa setiap budaya atau kuItur memiliki andil dalam pembentukan pengetahuan yang dibutuhkan. sehingga keberadaan multietnis dirasa bukan sebagai suatu saingan meIainkan sebagai patner kerjasama.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0 second(s)