Anda belum login :: 06 Jul 2025 18:49 WIB
Detail
ArtikelSistem Pendidikan Indonesia Saat Ini dalam Perspektif Psikologis  
Oleh: Supratiknya, A.
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI - non-atma jaya
Dalam koleksi: Widya Dharma: Jurnal Kependidikan (Majalah Ilmiah Kependidikan) vol. 10 no. 2 (Apr. 2000), page 51-62.
Topik: Pendidikan Sekolah
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: WW32.1
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelPendidikan sekolah merupakan salah satu jalur dalam sistem pendidikan Indonesia saat ini. Semua jenis dan jenjang pendidikan sekolah mencakup tiga komponen utama, yaitu (1) tujuan, (2) pembelajaran dan (3) evaluasi. Ada sejumlah persoalan krisis dalam sistem pendidikan sekolah kita pada masing-masing komponen utama tsb Menyangkut Tujuan dan seperti tercantum dalam Undang-undang 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional. ditinjau baik dari isi maupun imuskannya. lujuan pendidikan hampir pada semua jenjang cenderung konvensional. umum. elementer. kurang menunjuk pada aktivitas dan tidak Menyangkut pembelajaran. kurikulum pada semua jenjang pendidikan disusun dengan berbasis isi. bukan berbasis kompetensi atau kinerja. dari teori belajar-pembelajaran Gal penn (dalam Tjipto Utomo & Ruijter. proses pembelajaran yang berlangsung di semua jenjang pendidikan terlalu terpusat pada pelaksanaan fungsi orientasi yang dilakukan oleh menyangkut evaluasi. pada semua jenjang pendidikan evaluasi basil belajar terpusat pada evaluasi sumatif untuk keperluan menentukan nilai akhir acuan norma. Untuk meningkaikan kualitas pendidikan sekolah kita diusulkan dalam hal tujuan. kurikulum. pembelajaran dan evaluasi. Salah satu yang diusulkan dalam rangka mewujutkan penyempurnaan tersebut adalah revisi atas Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional beserta aneka yang terkait.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)