PT. Softex Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak dibidang penghasil pembalut untuk kebutuhan wanita, dan PT. Softex Indonesia yang pada awalnya bernama PT. MOZAMBIQUE memproduksi pembalut dengan sistem perekat dengan merek paten Softex. Seiring dengan perkembangan zaman, maka banyak bermunculan produk-produk pembalut dengan berbagai macam merek dan saat ini telah menjadi pesaing Softex Super Deluxe yang merupakan bagian dari difersifikasi produk Softex. Dengan bermunculannya merek pesaing, hal ini dirasakan sebagai suatu bentuk ancaman yang cukup serius bagi perusahaan, karena perusahaan merasakan bahwa loyalitas konsumen sudah mulai menurun dan dampaknya pun mempengaruhi penjualan yang semakin menurun. Oleh karena itu perusahaan melakukan langkah yang berupa riset pengembangan produk dan pembentukan strategi pemasaran yang efektif dan tepat sasaran. Selama ± 10 tahun tidak melakukan aktifitas promosi yang berupa kegiatan mengkomunikasikan produk, maka sejak tahun 2003 perusahaan mulai mengiklankan produknya di berbagai media informasi dengan slogan ?Karena Wanita Ingin Dimengerti? dan aktifitas tersebut pun berjalan hingga saat ini. Dengan demikian dilakukannya penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesesuaian target pasa Softex Super Deluxe, identifikasi difrensiasi, keunggulan dan kelemahan Softex Super Deluxe menurut konsumen, identifikasi posisi Softex Super Deluxe terhadap pesaingnya, identifikasi efektifitas promosi yang sudah dilakukan sebelumnya, menetapkan startegi dan konsep promosi Softex Super Deluxe. Dimana metode yang digunakan untuk mendukung penelitian ini adalah statistik deskriptif, analisis cross tab, metode rata-rata, diagram persentase dan analisis SWOT untuk menentukan strategi dan konsep promosi yang akan diusulkan. Dari hasil analisis pengolahan data diketahui bahwa produk yang paling diingat oleh konsumen saat ini adalah Charm sebesar 32.7%, sedangkan karakteristik konsumen Softex Super Deluxe adalah golongan usia terbesar 12 tahun hingga 15 tahun pada jenjang pendidikan SMP, golongan ekonomi C- hingga A dengan rata-rata pembelian 2 bungkus setiap bulannya dan konsumen yang masih setia menggunakannya sebesar 30.4% dari 15.3% konsumen yang pernah menggunakan Softex Super Deluxe. Berdasarkan hasil analisis tabel SWOT, maka usulan untuk strategi promosi Softex Super Deluxe secara umum adalah mengarahkan Softex Super Deluxe untuk melakukan pendekatan secara langsung dengan konsumen, dan sedangkan konsep promosi yang dibentuk akan mengacu pada ide dasar konsep promosi yang berupa ?Softex Super Deluxe Mengerti?? yang diwujudkan dengan bentuk aktifitas promosi mendekatkan diri dengan konsumen, yang disesuaikan dengan hal-hal yang disukai konsumen saat ini. Dengan demikian ide yang mendasari konsep promosi ini telah sesuai dengan strategi promosi yang telah ditetapkan. |