Tujuan penulisan tesis ini adalah mengidentifikasikan strategi pemsahaan dan keunggulan bersaing yang dimiliki PT. X melalui analisis SWOT, BCG dan Analisis kinerja Latar belakang pemilihan topik ini adalah karena adanya tantangan peluang pasar dan menganalisa apakah PT. X telah memiliki strategi pemsahaan yang tepat di dalam menghadapi persaingan yang sangat ketat. Definisi strategi pemsahaan adalah suatu cara dimana pemsahaan menciptakan "nilai" (value) melalui konfigurasi dan koordinasi "kegiatan-kegiatan multimarket, terutama dengan memfokuskan pada sumberdaya untuk mengubah kemampuan pemsahaan menjadi suatu keunggulan bersaing (competitive advantage). Visi, Misi dan Tujuan pemsahaan dapat mempengaruhi pengambilan keputusan strategis yang akan menghasilkan suatu keunggulan bersaing bagi pemsahaan. Untuk mengetahui posisi pemsahaan di pasar, penulis menggunakan pendekatan analisis Lingkungan, analisis SWOT, matriks BCG serta analisis Kinerja melalui aspek Keuangan dan aspek Teknik-nya. Analisa lingkungan memberikan gambaran tentang lingkungan organisasi dan memberikan gambaran tentang keadaan pemsahaan. Analisis lingkungan terdiri atas analisis eksternal dan analisis internal. Analisis eksternal mengidentifikasikan peluang, ancaman, peristiwa dan kecenderungan yang dapat dipakai untuk merumuskan strategi seperti faktor politik, ekonomi, sosisd, budaya, teknologi, ekologi serta lingkungan industri. Sedangkan analisis internal merupakan proses produksi yang dapat dikendalikan perusahaan seperti pendekatan mata rantai (value chain) serta melalui analisis kinerja. Berdasarkan analisis ekstemal dan internal ini dapat dirumuskan strategi SWOT dan bagaimana perusahaan dapat memaksimaJkan kekuatan dan peluang, namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan dan ancaman. Analisis BCG digunakan untuk melihat posisi perusahaan di pasar dan manganalisis peluang pasar yang masih tersedia serta strategi apa yang sebaiknya diambil. Analisis lain yang digunakan untuk menyusun strategi perusahaan adalah Penilaian Kinerja. Aspek-aspek yang dinilai adalah aspek keuangan dan aspek teknik. Aspek-aspek yang akan dianalists diberi asumsi pembobotan dan di cari suatu standar berdasarkan rata-rata perusahaan sejenis dengan skala 11 level. Kemudian diberi nilai dan kriteria indikator keunggulan bersaing. Proses pengambilan keputusan strategi selalu berkaitan dengan pengembangan visi, misi dan tujuan perusahaan dan bagaimana menganalisis faktor-faktor strategis perusahaan dalam kondisi yang ada saat ini melalui pendekatan SWOT, Matriks BCG dan Penilaian Kinerja Perusahaan. |