Perubahan datang dengan cepat, sehingga pemasar dituntut untuk tanggap terhadap setiap perubahan yang terjadi, tidak terkecuali pemasar Café Ke'ku:n. Pemasar harus mengetahui keinginan dan kebutuhan setiap pelanggannya, karena kebutuhan dan keinginan pelanggan yang satu berbeda dengan yang lain. Hal ini berbeda dengan kegiatan pemasar pada masa lalu ketika kebutuhan dan keinginan setiap pelanggan pada umumnya sama. Pengetahuan tentang keinginan dan kebutuhan pelanggan didapat melalui komunikasi dua arah antara perusahaan dengan pelanggan, hal ini dapat diperoleh Café Ke'ku:n melalui Customer Relationship Management (CRM). Melalui CRM, diharapkan brand awareness pelanggan terhadap Café Ke'ku:n meningkat. Dengan peningkatan ini, pelanggan baru dapat bertambah dan pelanggan lama dapat bertahan. Penelitian yang dilakukan oleh penulis dimaksudkan untuk mengetahui hubungan Customer Relationship Management (CRM) dengan brand awareness Café Ke'ku:n. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian asosiatif. Penulis memilih penelitian ini karena dapat menggambarkan fakta yang ada di lapangan. Tehnik pengumpulan data yang digunakan penulis adalah studi kepustakaan, penelitian lapangan melalui pengumpulan data dari perusahaan, wawancara dengan informan dan kuisioner. Data yang telah dikumpulkan, digunakan penulis untuk melengkapi skripsi yang disusun. Analisis yang dilakukan berdasarkan penerapan CRM di Café Ke'ku:n dan brand awareness terhadap Café Ke'ku:n. Kesimpulan yang dapat diambil dari analisis yang telah dilakukan, yaitu hubungan CRM dengan brand awareness Café Ke'ku:n bersifat sangat kuat, positif dan signifikan. |