Sumber daya manusia adalah penggerak dan kelangsungan hidup suatu perusahaan. Dalam perusahaan, antara manusia yang satu dengan yang lain harus saling berhubungan. Hubungan sosial dalam sebuah perusahaan, baik perseorangan maupun dalam kelompok secara harmonis dan efektif merupakan faktor bagi kesuksesan perusahaan, karena dapat mendukung kelancaran jalannya perusahaan dalam mencapai tujuan. Komunikasi merupakan inti dari kegiatan hubungan karyawan. Komunikasi yang efektif dilihat dari hubungan antar karyawan yang baik dan harmonis. Dalam penulisan skripsi ini, penulis melakukan wawancara dengan beberapa karyawan di bagian General Affairs (GA) PT Freeport Indonesia Jakarta. Selain itu, metode penelitian lain yang penulis gunakan adalah observasi, yang dapat menarik kesimpulan mengenai makna dan sudut pandang responden, kejadian, peristiwa, atau proses yang diamati. Berdasarkan hasil wawancara dan pengamatan, Setiap karyawan di General Affairs merasakan adanya komunikasi yang efektif. Setiap karyawan mempunyai hubungan sosial yang baik dengan rekan kerjanya. Sopan santun menjadi pedoman setiap karyawan dalam berkomunikasi, Komunikasi yang efektif tersebut mampu menciptakan suasana kerja yang kondusif dan meningkatkan hubungan antar karyawan. Saran penulis bagi perusahaan adalah Perusahaan harus tetap memelihara Iklim komunikasi yang terbuka, dimana informasi tidak diabaikan dan manajemen tidak membatasi arus informasi ke dan dari karyawan. Iklim komunikasi dapat menjadi salah satu pengaruh yang paling penting dalam produktivitas organisasi. |