Anda belum login :: 25 Apr 2025 05:50 WIB
Detail
BukuHUBUNGAN ANTARA ORIENTASI TUJUAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS KATOLIK INDONESIA ATMA JAYA JAKARTA (PENELITIAN PADA MAHASISWA ANGKATAN 2001 - 2003)
Bibliografi
Author: Simanungkalit, Romauli M. ; Tjalla, Awaluddin (Advisor)
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2006    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Romauli M Simanungkalit's Undergraduated Theses.pdf (142.0KB; 42 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIPK-304
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Orientasi tujuan belajar merupakan suatu bagian dari proses pembelajaran, yaitu suatu orientasi yang menekankan belajar sebagai sarana untuk mencapai tujuan lain dan pembelajaran itu sendiri. Orientasi tujuan belajar terdiri atas orientasi mastery dimana individu mempunyai keinginan untuk memperbaiki kemampuan dan memahami apa yang dipelajari, dan orientasi performance yang penekanannya pada diperolehnya pengakuan dan penghargaan dari orang lain dan mendapatkan nilai yang baik. Mendapatkan nilai yang baik berarti mendapatkan prestasi belajar yang baik. Prestasi belajar merupakan hasil proses belajar yang dilakukan dan dialami oleh individu dalam kurun waktu tertentu.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara orientasi tujuan belajar dengan prestasi belajar mahasiswa angkatan 2001 ? 2003 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasional. Subyek penelitian terdiri dari 125 orang mahasiswa Program Studi Bahasa Inggris, Teologi serta Bimbingan dan Konseling. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik cluster sampling.
Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala sikap model Likert yang mengukur orientasi tujuan belajar, sedangkan prestasi belajar mahasiswa dilihat dari IPK. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah korelasi Product Moment dan pengolahannya menggunakan program statistik SPSS versi 10.00. Uji coba instrumen penelitian menggunakan uji coba terpakai, dan dari 50 pernyataan yang diberikan, diperoleh 32 pernyataan yang valid dengan nilai koefisien reliabilitas instrumen atau nilai alpha sebesar 0,7729 untuk dimensi mastery dan 0,5965 untuk dimensi performance.
Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara orientasi tujuan belajar dengan prestasi belajar pada mahasiswa angkatan 2001 ? 2003 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Nilai korelasi yang diperoleh dari pengolahan data untuk menguji hipotesis penelitian adalah 0,790 dengan taraf signifikasi 5%, dan r tabel dengan N = 125 adalah 0,176. Dari hasil penelitian, peneliti menyarankan untuk menguatkan orientasi mastery atau orientasi yang mengarah pada pemahaman dan penguasaan materi, dengan lebih banyak memberikan diskusi dan latihan atau praktek. Saran lainnya adalah membuat program pengajaran dan metode yang dapat menguatkan orientasi tujuan belajar, sehingga tujuan dari pembelajaran dapat tercapai secara maksimal.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)