Siswa sekolah dasar khususnya kelas III harus menguasai materi dasar perkalian agar mereka menguasai materi di kelas selanjutnya yang membutuhkan perhitungan perkalian. Siswa sekolah dasar termasuk dalam golongan usia bermain. Pada usia ini siswa sangat senang bermain. Berdasarkan alasan-alasan ini, maka dilakukan penelitian mengenai penggunaan metode permainan dalam pembelajaran perkalian di kelas III yang dilaksanakan dengan teknik bermain agar siswa menguasai perkalian dasar dengan lebih mantap. Teknik bermain dilakukan dengan menggunakan jari, kartu domino, pesan rahasia, dan segitiga perkalian yang kemudian diterapkan dalam soal cerita. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk memantapkan penguasaan perkalian bilangan 1-9 pada siswa dengan menggunakan metode permainan dan dilaksanakan dengan tiga siklus pembelajaran. Siklus pertama pembelajaran perkalian bilangan 6-9 dengan menggunakan jari yang bertujuan agar siswa menguasai perkalian bilangan 6-9 dengan lebih mudah dan cepat. Siklus kedua pembelajaran perkalian dasar dengan permainan yang bertujuan memantapkan penguasaan perkalian. Siklus ketiga pembelajaran perkalian dengan soal cerita bertujuan menerapkan penguasaan perkalian pada soal cerita. Setelah dilaksanakan tiga siklus pembelajaran, diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Pembelajaran perkalian dasar dengan jari membantu siswa menguasai perkalian bilangan 6-9; (2) Praktek menggunakan jari harus dengan waktu yang banyak; (3) Siswa senang dan antusias mengikuti proses pembelajaran dengan metode permainan; (4) Hasil belajar beberapa siswa rendah karena siswa tidak menguasai perkalian sebelumnya (perkalian bilangan 1-5); (5) Pembelajaran perkalian dasar dapat berjalan dengan baik karena dipersiapkan dengan matang. Berdasarkan hasil penelitian ini maka metode permainan dapat digunakan dalam pembelajaran perkalian dasar di kelas III sekolah dasar. Jika guru akan menggunakan metode ini dalam pembelajarannya maka guru harus mempersiapkan materi, aturan-aturan permainan, media yang digunakan dengan baik dan harus menguasai pengelolaan kelas. Guru juga harus memberi waktu yang cukup bagi siswa unntuk mempraktekkan perkalian dengan jari sampai mereka menguasai. |