Anda belum login :: 21 Feb 2025 19:20 WIB
Detail
BukuStrategi Bisnis PT. Dahana (Persero) Dalam Menghadapi Persaingan Industri Bahan Peledak Di Indonesia
Bibliografi
Author: Subroto, Budiarto (Advisor); Agustiawati, Danarsih
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Magister Manajemen Sekolah Pascasarjana Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2006    
Jenis: Theses - Master Thesis
Fulltext: Danarsih Agustiawati's Master Theses2.pdf (268.1KB; 20 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: MM-396
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Globalisasi yang ada saat ini menuntut setiap perusahan untuk menyiapkan diri
dalam menghadapi persaingan global. Dengan adanya globalisasi ini, maka
perusahaan tidak hanya menghadapi persaingan dengan pesaing-pesaing di Indonesia
saja, tetapi juga di seluruh dunia. Oleh karena itu, perusahaan harus memiliki
persiapan yang matang dalam menghadapi era perdagangan bebas ini, terutama dalam
menghadapi pesaing-pesaing dari luar yang akan memperebutkan pasar di Indonesia.
PT. Dahana (Persero) adalah per usahaan yang bergerak pada bidang industri
bahan peledak komersial, yaitu untuk kebutuhan industri pertambangan, kuari dan
konstruksi serta minyak dan gas. Dengan masuknya pesaing-pesaing baru di
Indonesia, maka PT. Dahana (Persero) harus mulai menyusun st rategi yang optimal
sehingga dengan kemampuan yang dimilikinya, perusahaan dapat terus bertahan
dalam menghadapi persaingan industri bahan peledak yang semakin ketat. Saat ini PT.
Dahana (Persero) sudah memiliki sembilan pesaing di Indonesia. Bahkan bebera pa
pesaing telah berafiliasi dengan perusahaan asing.
Berdasarkan uraian tersebut diatas, maka dalam tesis ini penulis merumuskan
strategi bisnis yang paling cocok diterapkan oleh PT. Dahana (Persero) dalam
menghadapi persaingan di Indonesia, baik dengan pesaing-pesaing dari dalam negeri
maupun dari luar negeri yang mungkin akan masuki pasar Indonesia.
Pertama-tama penulis melakukan analisis faktor internal, analisis faktor
eksternal, dan analisis lingkungan industri kemudian menyusun matriks SWOT.
Berdasarkan analisis EFI, EFE serta analisis SWOT terdapat tiga alternatif strategi,
yaitu: strategi aliansi, strategi pengembangan produk serta strategi pengembangan
pasar.
Masing-masing strategi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk
menentukan pilihan dari ketiga alternatif strategi tersebut dipergunakan matriks
QSPM. Berdasarkan hasil matriks QSPM strategi pengembangan produk memperoleh
nilai paling tinggi. Dengan demikian, strategi pengembangan produk dipilih sebagai
strategi yang paling sesuai digunakan oleh PT. Dahana (Persero) dalam menghadapi
persaingan dalam industri bahan peledak di Indonesia.
Untuk mengimplementasikan strategi pengembangan produk, pihak
manajemen perlu menempuh langkah-langkah sebagai berikut:
  Melakukan penghematan dengan melakukan kerjasama dengan pemasok
  Memberikan pelatihan dan pengembangan kepada karyawan secara rutin
untuk meningkatkan kemampuan serta kompetensi karyawan
  Merekrut tenaga kerja yang profesional atau kompeten
  Melakukan kerjasama aliansi dengan pesaing atau pendatang baru
  Lebih banyak lagi melakukan kerjasama dengan perusahaan handak global
  Mengembangkan dan meningkatkan mutu produk dan pelayanan sesuai
dengan keinginan pelanggan
  Melakukan inovasi produk secara berkesinambungan untuk meningkatkan
kualitas produk
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)