Anda belum login :: 09 Jun 2025 22:46 WIB
Detail
BukuUsulan Perbaikan Tata Letak Dan Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Gudang(Studi kasus : Produk Permen "MUTZ" PT. Multifoods Gunung Putri-Bogor)
Bibliografi
Author: Triyanti, Vivi (Advisor); Natalia, Chrestin
Topik: Perusahaan Permen; Gudang Persediaan Barang; Klasifikasi ABC
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2006    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Christin Natalia's Undergraduate Theses.pdf (2.94MB; 80 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FTI-156
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
PT. Multifoods merupakan perusahaan permen yang memproduksi permen Mutz. Masalah yang sering kali dihadapi perusahaan saat ini adalah masalah penyimpanan barang serta pendataan material dan barang jadi di gudang dan penentuan waktu pemesanan material kembali. Saat ini sistem pendataan material dan barang jadi masih dilakukan secara manual dan menggunakan stock sheet sehingga seringkali terjadi kesalahan dalam pencatatan persediaan barang dan catatan yang ada terselip sehingga petugas harus mencari item material yang digunakan dan menghitungnya kembali secara manual. Pada saat ini perusahaan tidak memiliki standar untuk menentukan waktu pemesanan kembali.
Pada hasil perhitungan tata letak gudang bahan baku membutuhkan luas sebesar 205.11 , sedangkan luas ruangan gudang yang tersedia sebesar 254.8 dan peletakkan material dikelompokkan berdasarkan klasifikasi ABC, Activity Relationship Chart dan Area Relationship Diagram. Pada perhitungan tata letak gudang barang jadi dibutuhkan luas sebesar 375.18 , sedangkan luas gudang yang tersedia sebesar 432 dan peletakkan barang jadi dikelompokkan berdasarkan jenis barang jadi dan rasa permen. Dari hasil perhitungan dapat dilihat bahwa masalah tata letak yang dihadapi perusahaan bukan masalah kekurangan luas ruangan, melainkan masalah penyusunan barang di dalamnya. Usulan untuk penentuan waktu pemesanan kembali adalah dengan pembuatan model perhitungan Re-order Point (ROP).
Perancangan Sistem Pendukung Keputusan yang dibuat dapat membantu bagian gudang dalam menentukan titik pemesanan material kembali dan melakukan pengawasan stock barang dengan adanya peringatan pada program aplikasi yang dirancang. Program aplikasi ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0. Konstruksi database mengguanakan software Microsoft Access 2003 dan desain laporan menggunakan software Crystal Report 3.5. Sistem ini dapat digunakan pada komputer yang berbasis Windows 98. Sistem database gudang yang dirancang diharapkan memberikan keuntungan bagi perusahaan dibandingkan dengan sistem pendataan manual yang ada sekarang.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.09375 second(s)