Dalam usaha memenuhi kebutuhan hidup, manusia pada dewasa ini mengharapkan dapat membeli barang kebutuhannya dengan cara yang lebih mudah, praktis dan lebih leluasa dalam memilih. Salah satu tempat usaha yang memberikan peluang bagi konsumen dalam memilih komoditi perawatan tubuh adalah pasar swalayan Super Indo. Kepuasan konsumen dalam mutu komoditi perawatan tubuh merupakan hal utama yang harus dicapai untuk tetap dapat bertahan ditengah persaingan yang sedang terjadi. Kepuasan konsumen tersebut dapat dicapai apabila pasar swalayan memberikan mutu komoditi perawatan tubuh yang baik bagi konsumennya, maka perlu dilakukan penetitian terhadap perilaku konsumen terhadap mutu komoditi perawatan tubuh. Penelitian tentang bauran pemasaran pada konsumen pasar swalayan Super Indo dilakukan di wilayah Cakung, Jakarta Timur. Teknik dalam memilih sampel dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner kepada 100 responden. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Overall Mean Score dan Mean Score, kemudian keduanya dibandingkan. Sebagai kesimpulan dapat diketahui bahwa faktor-faktor yang di anggap kurang memuaskan adalah dari segi ketersediaan komoditi dan variasi komoditi. |