Anda belum login :: 13 May 2025 05:32 WIB
Detail
BukuHubungan Insentif Financial Dengan Prestasi Penjualan Karyawan Pramusaji Di Tee Box Cafe & Restaurant
Bibliografi
Author: Sulistyaningsih, Endang (Advisor); Bskoro, D. Nawolo
Topik: SALES ACHIEVEMENT
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Magister Manajemen Sekolah Pascasarjana Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2005    
Jenis: Theses - Master Thesis
Fulltext: D. NAWOLO BASKORO'S MASTER THESES.pdf (268.0KB; 31 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: MM-384
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Pramusaji merupakan kelompok karyawan yang berhubungan langsung dengan pelanggan. Apa yang dilakukan pramusaji mempresentasikan perusahaan di mata pelanggan. Oleh karenanya pengusaha harus memberikan perhatian khusus pada pramusaji. Bentuk perhatian yang langsung berhubungan dengan prestasi kerja pramusaji adalah perhatian terhadap peningkatan pendapatannya, berupa insentif financial. Penelitian mengenai hubungan insentif financial dengan prestasi pramusaji telah dilakukan di Tee Box Cafe & Restaurant. Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi dan menganalisa pelaksanaan pemberian program insentif financial pada karyawan pramusaji. Sesuai dengan tujuannya, maka penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasi. Variabel yang dianalisa adalah pemberian program insentif financial dan prestasi penjualan. Data diperoleh melalui kuesioner dan wawancara. Sebanyak 34 pramusaji terpilih sebagai responden. Data dianalisa secara kualitatif deskriptif, yaitu dengan membandingkan apakah pemberian insentif telah sesuai dengan teori yang berhubungan dan didukung tanggapan responden. Prestasi penjualan dievaluasi dan dianalisa berdasarkan catatan perusahaan. Faktor pendukung yang turut dievaluasi adalah tingkat absensi dan tingkat labor turn over. Hubungan pemberian insentif dengan prestasi penjualan dianalisa menggunakan analisis korelasi sehingga diperoleh koefisien korelasi sebagai cerminan hubungan kedua variabel tersebut. Sedangkan untuk menguji keberartian koefisien korelasi digunakan uji hipotesa t. Dari hasil perhitungan statistik diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,85 yang berarti hubungan antara pemberian program insentif dengan prestasi penjualan pramusaji sangat kuat dan positif. Pada perhitungan koefisien penentu (coefficient of determination) diperoleh nilai sebesar 72,25%. Berarti kontribusi pemberian program insentif terhadap naik turunnya prestasi penjualan pramusaji adalah sebesar 72,25%. Sisanya sebesar 27,75% disebabkan faktor lain yang tidak dijadikan bahan penelitian. Pada pengujian hipotesa diperoleh t hitung lebih besar dari tabel (17,3246 > 1,691). Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini memberi arti bahwa pemberian program insentif dengan prestasi penjualan pramusaji ada hubungan positif. Dengan demikian dapat diartikan jika program insentif dilakukan dengan efektif maka dapat meningkatkan prestasi penjualan karyawan pramusaji dan demikian sebaliknya. Penelitian ini memberi kesimpulan bahwa pelaksanaan pemberian program insentif financial di Tee Box Cafe & Restaurant telah sesuai dengan pedoman pemberian insentif. Sebagai hasilnya adalah prestasi penjualan yang meningkat, menurunnya tingkat absensi dan labor turn over. Kepada perusahaan disarankan tetap menjalankan program insentif financial dengan lebih memberikan pemahaman program kepada pramusaji. Penelitian ini sangat baik untuk dilanjutkan meneliti efektivitas jenis-jenis insentif pada setiap bagian kerja di bidang restoran.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.078125 second(s)