Secara umum, materi pembahasan skripsi ini didasarkan pada penelitian yang dilakukan penulis terhadap pelayanan yang diberikan oleh Hypermarket Carrefour Lebak Bulus. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui sampai sejauh mana Carrefour memberikan pelayanan kepada konsumen, terutama dalam menyediakan jenis-jenis produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Dalam rancangan penelitian digunakan metode deskriptif kualitatif-kuantitatif dan menggunakan teknik simple random sampling (sampling acak sederhana). Dimana penarikan sampel dilakukan secara acak dengan membagikan kuesioner kepada 100 orang responden yang berkunjung ke Hypermarket Carrefour Lebak Bulus. Data-data yang diperoleh dari kuesioner akan dianalisis dengan menggunakan skala likert, dan setelah dilakukan perhitungan kemudian hasil analisis tersebut dituangkan ke dalam diagram kartesius. Berdasarkan diagram kartesius tersebut dapat diketahui bahwa atribut-atribut yang menjadi prioritas utama untuk diperbaiki kinerjanya adalah : pelayanan yang ramah serta selalu siap menolong, kecekatan dan ketelitian kasir dalam menangani pembayaran, dan ketanggapan karyawan dalam menanggapi keluhan konsumen. Sedangkan atributatribut yang kinerjanya sudah memuaskan dan harus dipertahankan adalah : Kelengkapan produk, ketersediaan produk, kesegaran produk, keamanan dan kenyamanan ketika berbelanja, dan kebersihan toko. Kemudian atribut-atribut yang kinerjanya kurang diperhatikan adalah : kemampuan karyawan dalam melakukan komunikasi yang efektif, kerapihan tata letak produk, kerapihan penampilan karyawan, kejelasan klasifikasi produk, dan penataan display, interior dan eksterior yang menarik. Terakhir atribut-atribut yang kinerjanya berlebihan sehingga sangat memuaskan konsumen adalah : variasi produk yang ditawarkan dan pengetahuan karyawan terhadap suatu produk. |