Dewasa ini perkembangan teknologi informasi dalam bidang telekomunikasi sangat pesat. Perkembangan terbaru yaitu telepon selular dengan teknologi CDMA.Terdapat bermacam merek kartu telepon selular berteknologi CDMA salah satunya adalah TELKOMFlexi Trendy yang dikeluarkan oleh PT TELKOM Indonesia Tbk. Dengan banyaknya pemasar yang bersaing, maka dibutuhkan suatu diferensiator untuk membedakan suatu produk dengan produk lainnya. Salah satunya adalah dengan brand (merek). Hampir dapat dipastikan suatu merek yang terkenal juga memiliki brand equity yang kuat. Salah satu kategori dari brand equity adalah brand association. Sehubungan dengan hal tersebut, maka penulis melakukan penelitian dengan topik: ?Analisis Asosiasi Merek Terhadap Produk Kartu TELKOMFlexi Trendy (Studi Kasus: Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Atma Jaya)?. Data dikumpulkan dengan menyebarkan 200 kuesioner kepada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Atma Jaya yang pernah menggunakan kartu TELKOMFlexi Trendy dengan teknik purposive sampling. Penyebaran kuesioner dilakukan tanggal 23 Juni - 8 Juli 2005. Kemudian, data yang diperoleh dari responden dianalisis dengan menggunakan perangkat statatistik analisis asosiasi merek. Adapun atribut-atribut yang dianalisis adalah kualitas sinyal, fitur, kemasan, area coverage, harga kartu perdana, tarif bicara, tarif SMS, harga voucher isi ulang, iklan, manfaat, dan gaya hidup jika menggunakan kartu TELKOMFlexi Trendy. Hasil penelitian menunjukkan asosiasi merek yang terkait pada kartu TELKOMFlexi Trendy adalah tarif bicara per menit murah, harga voucher isi ulang terjangkau, dan biaya penggunaan kartu TELKOMFlexi Trendy hemat. |