Suatu perusahaan surat kabar dianggap mencapai keunggulan bersaing jika perusahaan tersebut membuat pelanggan memperoleh kepuasan yang diinginkan. Hal ini dimaksudkan agar pelanggan kembali membeli produk tersebut atau tetap menggunakan produk tersebut dan tidak berpindah ke produk lain. Selain itu agar produk dapat sukses secara komersil maka kepribadian produk harus mencerminkan kesan bahwa produk tersebut jelas manfaatnya, terjamin mutunya, mudah digunakan dan mudah diingat namanya. Hal ini dimaksudkan agar mempermudah produk sampai pada sasaran yaitu konsumen yang tepat, sehingga dapat mengurangi kerugian akibat pemasaran produk kepada konsumen tidak tepat. Karena hal-hal tersebut diatas, maka menyebabkan perusahaan surat kabar bersaing untuk memberikan pelayanan yang terbaik agar dapat mempertahankan pangsa pasar dan berusaha memperoleh pangsa pasar baru dan tetap memperoleh loyalitas dari pembacanya selama ini. Hal ini berlaku pula bagi surat kabar harian KOMPAS yang dalam melakukan usaha pemasarannya selalu berusaha untuk memuaskan konsumennya seperti dalam hal kualitas produk, mutu cetakan, harga, promosi dan pelayanan. Kepuasan konsumen merupakan hal yang penting yang harus dapat dijaga oleh perusahaan. Untuk itu perusahaan harus dapat melakukan berbagai riset dan pengembangan produk guna mengikuti kebutuhan konsumen yang terus berkembang. |