?kesehatan? sebagai suatu pelayanan sosial bagi masyarakat, masih di junjung tinggi. Sebagai salah satu perusahaan asuransi kesehatan di Indonesia, PT Asuransi Kesehatan (Indonesia) dalam perkembangannya berusaha untuk memajukan kinerjanya guna memperoleh citra yang positif dari pelayanan kesehatan yang diberikan kepada para anggotanya, yang terdiri dari peserta wajib (pegawai negeri, pensiunan maupun veteran) dan para peserta sukarela. Dalam perkembangannya, PT Askes melakukan terobosan baru, dengan menjadi satu-satunya asuransi kesehatan di Indonesia yang menjamin pelayanan kesehatan Gagal Ginjal Terminal. Alasannya adalah tingginya biaya yang ditimbulkan jika ingin melakukan pengobatan atas penyakit ini, khususnya bagi peserta wajib askes yang terdiri dari para pegawai negeri, dengan penghasilan yang tidak sebanding dengan biaya pengobatan atas penyakit ini. Atas dasar inilah maka dengan mengacu pada jenis penelitian kualitatif secara deskriptif analitis, maka dalam penulisan skripsi ini akan digambarkan penyelenggaraan pelayanan kesehatan yang diberikan PT Askes terhadap pegawai negeri penderita Gagal Ginjal Terminal, serta melakukan analisis terhadap pelaksanaan tersebut. Data-data diperoleh penulis dari kegiatan wawancara dengan key informance yang terdapat di Biro Pelayanan Kesehatan PT Askes Indonesia. |