Anda belum login :: 21 Feb 2025 19:32 WIB
Detail
BukuPerancangan Sistem Informasi Penanganan Pesanan Pelanggan Berbasis Internet Pada PT. Putra Bintang Timur Lestari Cabang Bogor
Bibliografi
Author: Darma,, Feri Setia ; Triyanti, Vivi (Advisor)
Topik: Sistem Informasi; Pesanan Pelanggan
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2005    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Feri Setia Darma's Undergraduate Theses.pdf (3.8MB; 47 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FTI-146
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat di era globalisasi tidak hanya dibutuhkan struktur permodalan yang baik, teknologi tinggi dan produk yang berkualitas, akan tetapi diperlukan adanya dukungan infrastruktur informasi sebagai kunci untuk menjadi yang terbaik dalam menghadapi kompetisi.
PT. Putra Bintang Timur Lestari sebagai salah satu perusahaaan yang bergerak di bidang perdagangan furniture, saat ini dalam melakukan proses penanganan pesanan pelanggan masih dilakukan secara konvensional. Penerimaan order dari pelanggan masih menggunakan cara manual yang dirasa memakan waktu yang cukup lama, secara manual tentunya barang tidak dapat langsung dikirim karena melalui prosedur-prosedur yang ada di perusahaan. Informasi yang dibutuhkan pelanggan mengenai pemesanan barang tidak tersampaikan dengan baik selain itu sering terjadi kesalahan dalam penyampaian informasi antar bagian yang berhubungan dengan penanganan pesanan pelanggan. Penyimpanan data-data yang berhubungan dengan kegiatan penanganan pesanan pelanggan saat ini belum ditangani dengan baik sehingga menyebabkan sulitnya memanfaatkan kembali data-data atau laporan yang telah ada.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di perusahaan, maka akan dirancang suatu alternatif sistem informasi baru yang dapat mengatasi permasalahan. Usulan komputerisasi penanganan pelanggan disusun menggunakan pendekatan metodologi FAST (Framework for the application of system technique). Tahapan pertama adalah investigasi pendahuluan, akan mencari dan mengkategorikan setiap permasalahan yang berhubungan dengan penanganan pesanan pelanggan. Dilakukan pada tahap kedua, analisis permasalahan, untuk memahami penyebab-penyebab dari permasalahan dan menentukan sasaran perbaikan sistem. Berdasarkan hasil dari tahapan tersebut akan disusun kebutuhan sistem yang baru serta bagaimana memenuhi kebutuhan tersebut melalui tahapan ketiga. Analisis kebutuhan, penentuan kandidat solusi, analisis terhadap kandidat-kandidat tersebut, dan memilih kandidat yang terbaik akan dilakukan pada tahapan analisis keputusan (tahapan keempat). Selanjutnya akan dilakukan perancangan terhadap sistem yang baru pada tahapan sebelumnya disesuaikan, dan seperti arus pada metodologi ini akan dimulai setelah tahapan sebelumnya diselesaikan.
Hasil dari penelitian ini adalah rancangan sistem informasi penanganan pesanan pelanggan yang dapat memberikan arus informasi yang lebih cepat dan lebih teratur.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.203125 second(s)