Anda belum login :: 30 Apr 2025 16:57 WIB
Detail
BukuPeningkatan Motivasi Belajar Siswa dengan Pendekatan Kontekstual dalam Penyelesaian Soal Cerita Matematika Kelas IV di SD STRADA BINA MULIA I Cengkareng
Bibliografi
Author: INGRIDWATI KURNIA (Advisor); Margirah, Anastasia
Topik: Motivasi Belajar; Matematika; SD Kelas IV; SD STRADA BINA MULIA I Cengkareng; Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2005    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: ANASTASIA MARGIRAH's Undergraqduated theses.pdf (1.47MB; 66 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-005
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Motivasi belajar merupakan faktor non-intelektual yang mendorong minat,
semangat, pertahanan pendapat, dan pemecahan masalah, serta meningkatkan
prestasi belajar. Pendekatan kontekstual adalah pendekatan yang membantu guru
mengaitkan materi ajar dengan situasi dunia nyata siswa serta mendorongnya untuk
membuat hubungan antara pengetahuan yang dimiliki siswa dengan penerapan dalam
kehidupan. Dalam pendekatan kontekstual terdapat komponen kontruktivisme,
penemuan, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian yang
sebenarnya. Soal cerita adalah soal matematika berbentuk kalimat yang harus
diterjemahkan menjadi notasi-notasi kalimat matematika. Kesulitan siswa dalam
menyelesaikan soal cerita menjadi salah satu penyebab rendahnya nilai matematika
bila dibandingkan dengan bidang studi lain. Pendekatan kontekstual diharapkan dapat
meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap soal cerita Matematika.
Penulis mengungkap masalah tersebut sebagai bahan penelitian dengan
tujuan (1) meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa terhadap soal cerita
matematika melalui pendekatan kontekstual, (2) mengetahui apakah ada peningkatan
yang positif dan signifikan antara motivasi awal dengan motivasi akhir.Penelitian ini
dilakukan di SD Strada Bina Mulia I Cengkareng dengan subjek penelitian siswa
kelas IVA yang berjumlah 38 anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
tindakan kelas (PTK).
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.09375 second(s)