Anda belum login :: 05 Jun 2025 01:40 WIB
Detail
BukuPembelajaran Operasi Hitung Pecahan Dengan Menggunakan Alat Peraga Pagar Pecahan dan Garis Bilangan SD Kelas IV
Bibliografi
Author: Rahayu ; Simanullang, Bitman (Advisor)
Topik: Pembelajaran Operasi Hitung Pecahan Dengan Menggunakan Alat Peraga Pagar Pecahan dan Garis Bilangan SD Kelas IV
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2005    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Rahayu's Undergraduated theses.pdf (139.0KB; 28 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-004
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Dalam proses pembelajaran di sekolah, matematika merupakan salah satu
bidang studi yang diajarkan secara luas pada berbagai jenjang pendidikan di
sekolah. Pembelajaran operasi hitung pecahan masih sulit dipahami oleh siswa,
sebab rendahnya penguasaan siswa terhadap matematika dan rendahnya hasil
belajar siswa dalam pelajaran matematika, sehingga dalam penyampaian
diupayakan alat peraga konkret yaitu, alat peraga pagar pecahan dan garis
bilangan.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menjelaskan apakah
terdapat perbedaan yang positif dan signifikan antara hasil belajar siswa yang
diajar dengan menggunakan alat peraga pagar pecahan dan hasil belajar operasi
hitung pada pecahan bagi siswa yang diajar dengan alat peraga garis bilangan.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen. Subyek
penelitiannya adalah siswa kelas IV SD Charitas Pondok Labu. Sampel penelitian
masing-masing 25 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 25 siswa sebagai
kelompok pengendali. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes
objektif pilihan ganda sebanyak 20 soal dengan empat pilihan. Dari uji coba
instrumen diperoleh koefisien reliabilitas tes : 0,79.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.078125 second(s)