Pada Januari 2004, PT. Toyota-Astra Motor telah memproduksi Avanza untuk memenuhi kebutuhan pangsa pasar automotif di Indonesia. Produksi mobil berharga di bawah Rp 100 juta tentulah sangat menggembirakan. Banyak konsumen dari kalangan menengah akhirnya bisa mewujudkan impiannya untuk mempunyai mobil. Gebrakan ini makin mengokohkan posisi Toyota sebagai kendaraan terpopuler. Melihat keoptimisan Toyota meluncurkan produk Avanza, penulis ingin mengetahui keberhasilan Toyota Avanza dari segi konsumen. Oleh karena itu, penulis meneliti persepsi konsumen di wilayah Jakarta Pusat dengan menyebarkan kuesioner dari tanggal 1 Maret 2005 sampai dengan 31 Maret 2005. Untuk dapat mengetahui tingkat kesuksesan Toyota Avanza dibutuhkan persepsi konsumen, bagaimana proses keputusan pembelian konsumen dan apa pendapat konsumen tentang produk Toyota Avanza. Variabel-variabel persepsi yang diteliti dalam penelitian ini adalah pada harga, desain interior, desain eksterior, konsumsi BBM, kenyamanan, performance, dan tanggapan dealer Toyota Avanza. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan, ternyata menunjukkan bahwa desain interior sangat mempengaruhi persepsi konsumen. Tanggapan dealer dan desain eksterior ternyata juga mempengaruhi persepsi konsumen. |