Anda belum login :: 16 Jun 2025 00:45 WIB
Detail
ArtikelIdentifikasi Kesulitan Calon Guru Taman Kanak-kanak dalam Mempelajari Musik  
Oleh: Mansyur, Marwati
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional
Dalam koleksi: Jurnal Teknodik vol. X no. 18 (2006), page 182-195.
Topik: MUSIK; guru taman kanak-kanak; musik
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: JJ128.4
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelTujuan penelitian untuk memperoleh gambaran tentang kesulitan mahasiswa calon guru TK dalam mempelajari musik, terutama untuk mengenali bekal mahasiswa belajar musik, mengetahui letak kesulitan mahasiswa dalam belajar musik, mengetahui penguasaan mahasiswa terhadap alat musik dan mengetahui tinggi rendahya kreativitas mahasiswa dalam belajar musik. Penelitian menggunakan metode survai, dilaksanakan pada bulan Mei 2005 samapi dengan november 2005 di program studi PGTK, jurusan pendidikan anak, FIP, UNJ. Populasi penelitian adalah mahasiswa program studi D II PGTK yang sedang menempuh mata kuliah musik. Pengambilan sampel dilakukan dengan sistem random sampling. Sampel penelitian berjumlah 40 responden. Hasil penelitian adalah : 1. Bekal belajar musik yang dimiliki mahasiswa amsih rendah, ditunjukkan dengan rerata skor tidak lebih dari 2,5 dengan skor tertinggi 4,0. Bekal paling rendah adalah membaca not balok, sedangkan bekal tertinggi adalah bergerak sesuai dengan isi lagu 2. Membaca not angka bergerak merupakan yang paling sulit, sedangkan mahasiswa hampir tidak mengalami kesulitan ketika bergerak sesuai dengan isi lagu 3. alat musik yang paling dikuasai mahasiswa PGTK adalah tamborin, sedangkan yang kurang dikuasai adalah castanyet dan 4. tingkat kreativitas mahasiswa PGTK belajar musik dalam katagori tinggi, ditunjukkan dengan rerata skor 3,575
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)