Dewasa ini, tuntutan pelayanan untuk memuaskan kebutuhan masyarakat konsumen khususnya di Jambi, secara efektif dan efisien semakin meningkat. Untuk menjawab tuntutan masyarakat tersebut, pasar Swalayan Mandala telah didirikan. Pada hari sibuk yaitu padahari Sabtu dan Minggu, terdapat antrian yang cukup panjang di depan kasir. Antrian yang cukup panjang tersebut sering menimbulkan keluhan konsumen yang berbelanja dan sebagai akibatnya banyak konsumen yang meninggalkan barang belanjaannya. Dari pengamaatan singkat yang dilakukan pengamat terlihat bahwa ada kira-kira 4 (empat) orang konsumen yang pergi meninggalkan antrian pada hari Sabtu dan Minggu.
Untuk memecahkan masalah yang ada, penulis mencoba menggunakan pendekatan teori antrian dan menganalisis perilaku konsumen yang menyebabkan kerugian pada pihak Swalayan Mandala. Pendekatan teori antrian dilakukan dengan pendekatan statistic seperti uji coba kecukupan data, uji keseragaman data. Setelah itu penulis mencari jumlah optimal kasir dengan menggunakan Microsoft Office Excel, lalu perhitungan untuk biaya dan keekoniman.
Dalam tugas akhir ini, kita akan membaginya dalam beberapa bagian: Mengukur kedatangan konsumen, Mengukur waktu pelayanan konsumen,Mengidentifikasikan distribusi waktu pelayanan, Menghitung kerugian yang diderita oleh pihak Swalyan Mandala yang disebabkan oleh karena perilaku konsumen. Melakukan penjadwalan petugas/kasir Swalayan Mandala, Mengusulkan/memberikan saran untuk mengetahui kedatangan konsumen, mengetahui tingkat pelayanan konsumen sehingga dapat mengukur jumlah fasilitas pelayanan kasir yang optimal
Kedua, dari data yang sudah dikumpukan, dilakukan pengujian secara statistik. Akhirnya dapat diketahui bahwa rata-rata kedatangan konsumen sebesar 15.82 konsumen perjam, sedangkan rata-rata waktu pelayanan adalah 18.86 konsumen perjam.
Melalui pengamatan perilaku konsumen, diketahui bahwa aspirasi level konsumen adalah 18.54 menit. Pada hari libur pasar dalam keadaan awal Swalayan Mandala terdapat 9 mesin kasir, setelah dihitung Ws yang dihasilkan adalah 18.54 perjam, artinya belum memenuhi aspirasi level. Perhitungan dilakukan dengan bantuan Microsoft Office Excel. Setelah dilakukan perhitungan, Ws yang dihasilkan jika terdapat penambahan satu kasir .
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pada keadaan awal pasar Swalayan Mandala belum menyediakan fasilitas pelayanan yang memadai. Jumlah optimal kasir yang dibutuhkan adalah 9 kasir. Dengan penambahan ini, diharapkan konsumen akan lebih loyal dalam menghabiskan waktu dan berbelanja pada pasar swalayan ini sehingga dapat memberikan lebih banyak memberikan keuntungan pada Swalayan Mandala ini. |