Sebuah merek mempunyai arti yang bernilai lebih dibandingkan dengan sekedar nama atau logo. Perusahaan yang baik harus lebih menjaga dan harus bisa meningkatkan ekuitas merek dari produknya. Dengan ekuitas merek yang kuat, produk perusahaan tersebut akan lebih mampu bertahan bahkan mengalahkan merek lain dari produk-produk yang sejenis. Bagi seorang konsumen, merek juga merupakan hal yang sangat penting. Selain dapat menambah kepercayaan diri konsumen, terutama konsumen perempuan, merek juga dapat mempermudah konsumen dalam proses pembelian. Dengan memperhatikan keempat elemen ekuitas merek yaitu brand awareness, brand association, perceived quality, dan brand loyalty yang ada pada merek tersebut, dalam diri konsumen akan timbul persepsi yang akan mempengaruhi konsumen dalam melakukan proses pembelian. Dari keterangan di atas, penulis bertujuan untuk menganalisis seberapa kuat hubungan persepsi konsumen pada ekuitas merek Line & color terhadap perilaku membeli. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian analisis deskriptif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan, wawancara langsung ke perusahaan serta penyebaran kuesioner kepada 250 responden. Dalam kuesioner ini terdiri dari karakteristik responden, persepsi konsumen, dan perilaku konsumen atas ekuitas merek Line & color. Data lapangan yang berasal dari kuesioner tersebut, dianalisis/diolah dengan ca ra mempersentasekan (memperhitungkan dalam %), selain itu melalui penghitungan dengan menggunakan metode statistik dan dirangkum dalam sajian tabulasi silang (antara karakteristik responden dengan persepsi konsumen terhadap ekuitas merek serta antara perilaku membeli konsumen terhadap persepsi konsumen terhadap ekuitas merek) dan uji korelasi untuk menguji hipotesis. Data yang diperoleh tersebut diolah dengan menggunakan program komputer statistik SPSS (Statistical Product and Service Solution ). Dari hasil analisis, di ketahui sebagai berikut : · Hubungan antara karakteristik responden dengan persepsi konsumen terhadap ekuitas merek Line & color sangat kuat dan signifikan · Hubungan antara persepsi konsumen pada ekuitas merek Line & color dengan perilaku membeli konsumen sangat kuat dan signifikan, kecuali tempat konsumen membeli busana dan motivasi konsumen dalam membeli busana Penulis berharap apa yang terangkum dalam skripsi ini mampu memperluas keterbatasan wawasan penulis serta berguna bagi banyak pihak. |